Batu Besar Jatuh dari Tembok Barat Baitul Maqdis

Pada tahun 2014, sebuah studi besar menemukan beberapa bagian tembok mengikis 100 kali lebih cepat daripada yang lain, berpotensi merusak stabilitas situs kuno

Batu Besar Jatuh dari Tembok Barat Baitul Maqdis
thenewdaily.com.au

Terkait

Hidayatullah.com–Sebuah batu besar ratusan kilogram jatuh dari Tembok Barat Baitul Maqdis dan nyaris mengenai seorang wanita Yahudi.

Jerusalem Post mengatakan insiden itu terjadi Senin pagi waktu setempat. Tembok yang menjadi tempat beribadah orang Yahudi akan ditutup untuk sementara watu untuk diteliti lebih lanjut.

The New Daily melansir, rekaman CCTV menangkap insiden itu, wanita 79 tahun bernana Daniella Goldberg itu mengatakan kepada wartawan bahwa dia tidak “merasakan atau mendengar atau merasakan apa pun” sampai batu – yang diperkirakan beratnya sekitar 100 kilogram – mendarat di sebelah kakinya.

“Ada lubang besar di lantai seperti yang Anda lihat, di dek, papan tangga bahkan rusak,” katanya. “Saya tidak mengerti dari mana dia jatuh. Saya melihat ke atas, semuanya ada di sana.”

Baca: Ikut Doa di Tembok Ratapan, Tim Barca Dipuji 

Menurut ABC, Rabbi penjaga tempat yang mereka sebut dinding ratapa, Shmuel Rabinovich mengatakan batu yang jatuh itu tidak biasa – tidak ada yang serupa yang terjadi dalam beberapa dekade.

Wali Kota Yerusalem (Baitul Maqdis) Nir Barkat mengatakan itu adalah “keajaiban besar” batu itu tidak membahayakan pemuja.

“Kami berbicara tentang struktur [kuno] yang berada di bawah proses erosi alami, bersama dengan bahaya alam,” katanya.

“Kami tidak tahu persis mengapa hal ini terjadi.Pekerjaan perawatan rutin diperlukan, yang harus didanai oleh negara Israel jika aset ini penting untuk itu. ”

Baca:  Zionis Israel Bangun Sinagog Baru di Kompleks Al Aqsha

The Jerusalem Post mengatakan jika ditemukan batu-batu lain berada dalam bahaya jatuh, maka akan membutuhkan waktu untuk mengamankan masing-masing batu. Prosesnya akan dipersulit oleh hukum Yahudi yang meliputi pekerjaan konstruksi di bekas kompleks Kuil.

Sudah ada celah di Tembok Barat di mana batu-batu besar telah runtuh di masa lalu. Pada tahun 2004, batu-batu besar jatuh di alun-alun doa utama, melukai seorang pemuja, setelah benda-benda logam yang dimasukkan ke dalam retakan oleh burung-burung menyebabkan erosi.

Pada tahun 2014, sebuah studi besar menemukan beberapa bagian tembok mengikis 100 kali lebih cepat daripada yang lain, berpotensi merusak stabilitas situs kuno. Studi mengatakan masalah terbesar adalah karena batu kapur halus yang hancur lebih mudah setelah terpapar air.*/Sirajuddin Muslim

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !