PBB Mengutuk Rencana ‘Israel’ Menghancurkan Rumah Badui

Sejak 30 Maret, setidaknya 118 warga Palestina telah gugur- dan ribuan lainnya terluka - oleh tembakan tentara penjajah ‘Israel’ di Jalur Gaza timur

PBB Mengutuk Rencana ‘Israel’ Menghancurkan Rumah Badui
AA

Terkait

Hidayatullah.com–Para ahli hak asasi manusia PBB pada hari Kamis menyatakan keprihatinan besar tentang keputusan pengadilan Zionis ‘Israel’ untuk menegakkan rencana ‘Israel’ menghancurkan seluruh masyarakat Badui Palestina Khan al-Ahmar Ab al Helu di Tepi Barat.

“Putusan ini melicinkan jalan bagi penggusuran 181 penduduk dan merupakan langkah tidak disengaja yang kemungkinan besar akan menjadi pemindahan paksa,” kata pelapor khusus PBB, Michael Lynk dan Leilani Farha, mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama Kamis, dikutip dari Anadolu Agency.

Penduduk Khan al-Ahmar adalah keturunan orang Badui yang diusir dari Negev oleh ‘Israel’ setelah tahun 1948, dan yang dipindahkan ke Tepi Barat.

“Pemindahan orang yang dipaksakan secara individu atau massal terhadap orang yang dilindungi di wilayah yang diduduki adalah pelanggaran berat Pasal 147 Konvensi Jenewa Keempat. Pemindahan secara paksa juga merupakan kejahatan perang di bawah Statuta Roma, yang dapat menyebabkan tanggung jawab pidana individu. Para ahli juga mengatakan bahwa pengusiran paksa adalah pelanggaran berat terhadap hukum hak asasi manusia internasional,” kata para ahli.

“Kami prihatin tidak hanya untuk masa depan penduduk Khan al-Ahmar, tetapi juga untuk nasib puluhan orang Badui Palestina lainnya dan komunitas penggembala di Area C yang menjalani gaya hidup tradisional di darat,” kata para ahli.

Baca: Otoritas Madinah Selenggarakan Festival Menghormati Suku Badui 

Para ahli juga menyerukan ‘Israel’ untuk menghormati hak-hak warga Khan al-Ahmar untuk tetap tinggal di tanah mereka dan memiliki status komunitas mereka yang diatur.

– Palang Merah mengirim dua tim bedah dengan unit bedah 50 tempat tidur

“Untuk membantu peningkatan kebutuhan medis di Gaza, Komite Palang Merah Internasional (ICRC) mengirim dua tim bedah, spesialis medis tambahan dan masuknya persediaan untuk membentengi fasilitas medis yang berjuang untuk membantu warga yang terkena dampak kekerasan baru-baru ini,”I CRC mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis.

Sejak protes dan kekerasan yang terkait di Gaza berkobar pada 30 Maret, lebih dari 13.000 warga Palestina telah terluka, termasuk lebih dari 3.600 oleh peluru tajam, beberapa kali, dengan perkiraan total hampir 5.400 cedera anggota badan, kata ICRC.

“Prioritas ICRC adalah untuk membantu korban luka tembak. Sekitar 1.350 orang dengan kasus yang kompleks akan membutuhkan tiga hingga lima operasi masing-masing, total lebih dari 4.000 operasi, setengah dari yang akan dilakukan oleh tim ICRC,” kata ICRC.

“Inisiatif ICRC, yang akan mencakup pembukaan unit bedah 50 tempat tidur, adalah bagian dari perpanjangan anggaran $ 5,3 juta untuk Gaza. Tim bedah ICRC dan ahli medis akan berbasis di sayap Rumah Sakit Al-Shifa, yang terbesar. rumah sakit di Gaza. Rumah sakit lain di Gaza dan Palestine Red Crescent Society juga akan mendapat manfaat dari bantuan, “kata ICRC.

Baca: Badāwah dan Hadhārah: Beberapa Hal tentang Arab Badui di Era Nabi

Ketegangan telah meningkat di wilayah Palestina sejak Desember lalu ketika Presiden AS Donald Trump mengumumkan keputusannya untuk mengakui Yerusalem (Baitul MAqdis) sebagai Ibu Kota ‘‘Israel’’.

Pada tanggal 14 Mei 2018, AS merelokasi kedutaan ‘Israel’ dari Tel Aviv ke Yerusalem, menarik kecaman dari seluruh dunia Arab dan Muslim dan semakin mengobarkan gairah di wilayah Palestina.

Sejak 30 Maret, setidaknya 118 warga Palestina telah gugur- dan ribuan lainnya terluka – oleh tembakan tentara penjajah ‘Israel’ di Jalur Gaza timur.*/Sirajuddin Muslim

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !