Arab Saudi Bantu 31 Juta Dollar Bangun Perumahan di Gaza

Tahun 2014, Raja Saudi Abdullah bin Abdulaziz mengirim bantuan 100 juta riyal ($ 26.600.000) dalam bantuan medis ke Jalur Gaza

Arab Saudi Bantu 31 Juta Dollar Bangun Perumahan di Gaza
ilustrasi
Anak-anak Saudi di Jeddah menyerahkan uangnya untuk membantu Gaza tahun 2009

Terkait

Hidayatullah.com–Badan PBB untuk mengurusi pengungsi Palestina UNRWA mengumumkan, pihaknya mendapat pendanaan baru senilai 31.8 juta dollar dari Saudi untuk memperbaiki perumahan yang hancur akibat agresi Zionis di Gaza.

Dalam keteranganya Palestine Information Centre (PIC), Selasa (15/03/201) UNRWA mengatakan, pihaknya sudah melakukan penanda tanganan atas memorandum kesepahaman bersama UNDP untuk mengeluarkan 31.8 juta dollar dari kas PBB yang didapat dari donasi Saudi untuk pembangunan rumah miskin di Gaza.

Ia menambahkan, proyek pendanaan Saudi akan ikut dalam pembangunan 5000 rumah warga di Gaza yang bukan pengungsi, dimana rumah hancur akibat agresi Zionis pada Perang Asful Ma’kul (Dedaunan yang dimakan ulat) tahun 2014 berjuluk. Selain membangun tiga sekolah baru.

Baca: Saudi Bantu UNRWA 35 Juta Dolar Bangun Pendidikan Gaza

UNRWA ini mengisyaratkan, proyek ini akan memproyeksikan pemanfaatan rumah-rumah yang ditinggali para wanita dan sejumlah anggota keluarga serta kondisi ekonomi sosial mereka untuk mendapat bantuan lebih dahulu.

Sebelumnya, Koran Al Arabiya 25 Juli 2014 mengutip, Raja Saudi Abdullah bin Abdulaziz memerintahkan pada Jumat 100 juta riyal ($ 26.600.000) dalam bantuan medis ke Jalur Gaza, kata Kementerian Kesehatan Saudi.

Menteri Kesehatan Adel Faqih mengatakan bantuan tersebut akan memenuhi kebutuhan darurat dari meningkatnya jumlah warga sipil yang terluka dalam serangan penjajah Israel dalam “Operation Cast Lead” (Operasi Timah Panas) yang telah menewaskan lebih dari 800 warga Palestina.

Langkah itu muncul seminggu setelah raja memerintahkan 200 juta riyal ($ 53.300.000) dalam bantuan kemanusiaan.

Dana tersebut diarahkan untuk membayar untuk obat-obatan dan peralatan medis untuk mengobati “korban agresi Israel yang brutal dan pengeboman di Jalur Gaza,” kata Menteri Keuangan Ibrahim al-Assaf.*

 

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !