Jum'at, 26 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Palestina Terkini

Hamas Tolak Tawaran Bantuan dari Iran

islam.ru
Khalid Misy'al: Hamas menolak bantuan Iran
Bagikan:

Hidayatullah.com— Harakah al-Muqawamah al-Islamiyah/(Gerakan Perlawanan Islam/Hamas) telah menolak tawaran normalisasi yang diberikan Iran dan juga menolak bantuan dana jika Hamas mau memutus semua hubungan dengan Arab Saudi, surat kabar Al-Sharq Al-Awsat melaporkan pada Jumat, dikutip middleeastmonitor.com, Sabtu 16 Januari 2016 kemarin.

Menurut surat kabar yang berbasis di London itu, petinggi Hamas Khaled Meshaal (Khalid Misy’al) menolak tawaran Iran untuk hubungan yang lebih dekat dengan Teheran, Hamas khawatir tawaran ini akan dilihat sebagai persetujuan atas sikap permusuhan Iran terhadap Arab Saudi dan dukungan atas kebijakan Iran di Suriah.

Perseteruan yang telah lama antara Iran dan Arab Saudi telah dilibatkan dalam pembaruan aliansi sejak Arab Saudi mengeksekusi tokoh Syiah Baqr Nimr al-Nimr,  pada 2 Januari 2016.

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa Iran telah menghentikan semua bentuk dukungan mereka pada Hamas karena sikap terakhir mereka terhadap Suriah. Tindakan yang sama juga dilakukan Teheran pada Jihad Islam, dengan menghentikan dukungan mereka pada organisasi itu, karena mereka mengkritik campur tangan Iran di Yaman.

HAMAS Umumkan Pelarangan Gerakan Syiah ‘Ash-Shabirin’ di Jalur Gaza

Al-Sharq Al-Awsat mengatakan Hamas menolak tawaran Iran meskipun Hamas sedang menghadapi krisis finansial dan tidak mampu membayar gaji para aktivis dan karyawan mereka di Gaza.

Surat kabar itu melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri Iran Mohammed Javad Zarif memberi penawaran ketika bertemu dengan perwakilan Hamas di Teheran, Dr Khalid Al-Kaddoumi.

Sejak Oktober terjadi skala peningkatan perlawanan di Tepi Barat dan di wilayah pendudukan, dengan ratusan orang syahid.

Awal bulan ini, Iran berjanji akan akan membantu Hamas dan mengakui Hamas sebagai satu-satunya perwakilan dari orang Palestina.

Namun  al-Sharq al-Awsat melaporkan hari Jumat bahwa penawaran itu telah ditolak, mengutip sebuah sumber Hamas di Tepi Barat yang menganggap itu sebagai tindakan “tidak akan pernah mendukung koalisi apapun yang melawan Muslim Sunni”.*/Nashirul Haq AR

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Jumlah Korban Gugur di Gaza Bertambah 32 Orang

Jumlah Korban Gugur di Gaza Bertambah 32 Orang

Hamas Akan Luncurkan Situs Berbahasa Inggris

Hamas Akan Luncurkan Situs Berbahasa Inggris

Demo Israel Merebak

Demo Israel Merebak

OKI Kecam Penodaan Istana Bani Umayah

OKI Kecam Penodaan Istana Bani Umayah

60.000 Keluarga Gaza dapat Bantuan Tunai dari Qatar

60.000 Keluarga Gaza dapat Bantuan Tunai dari Qatar

Baca Juga

Berita Lainnya