Donasi Turki Tanggung Belanja Bahan Bakar di Rumah Sakit Gaza

Turki dan Qatar membentuk satu kerjasama untuk membantu memenuhi kebutuhan rakyat Palestina

Donasi Turki Tanggung Belanja Bahan Bakar di Rumah Sakit Gaza
hurriyet
Ambulan Turki menangangi anak-anak Gaza korban serangan Israel

Terkait

Hidayatullah.com–Menteri Kesehatan Palestina Dr. Jawad Awad pada hari Senin (09/11/2015) mengumumkan tentang pemberian donasi Turki untuk menutupi belanja kebutuhan bahan bakar untuk rumah sakit-rumah sakit pemerintah di Jalur Gaza senilai 1,5 juta dolar.

Pengumuman tentang donas Turki ini disampaikan dalam pertemuan yang diadakan Awad di kantornya di Ramallah, wilayah tengah Tepi Barat, dengan Konsul Umum Turki di al Quds, Mustafa Sarnaij.

“Hari ini telah disampaikan kepada kami persetujuan pihak Turki untuk menutupi belanja kebutuhan bahan bakar untuk rumah sakit-rumah sakit pemerintah di Jalur Gaza senilai 1,5 juta dolar, selain untuk menutupi kebutuhan obat-obatan yang mendesak,”, ujar Awad dalam keterangan persnya dikutip PIC.

Dia menambahkan, “Pelaksanaan donasi ini akan dilakukan melalui kerjasama dengan organisasi kesehatan internasional dan dilakukan dengan secepat mungkin.”

Dia menyebutkan bahwasanya telah disepakati pemberian daftar proyek-proyek dan kebutuhan yang memiliki priorita bagi kementrian kesehatan kepada pihak Turki, di mana pemerintah Turki akan melaksanakannya “semampunya”.

Sebelum ini, Turki dan Qatar membentuk satu kerjasama antar negara dalam rangka menekan penjajah Zionis Israel yang dianggap telah melakukan berbagai pelanggaran di bumi Palestina.

Bulan September lalu, Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan menerima kunjungan dari Presiden Qatar Tamim bin Hamdi pada pertemuan yang berlangsung tertutup selama satu setengah jam.

Sumber dalam pemerintah Turki mengatakan, kedua belah pihak telah sepakat untuk bekerja keras akan membantu memenuhi kebutuhan rakyat Palestina.

Dan menggalang kekuatan Dunia Internasional untuk menghentikan segala macam pelanggaran yang dilakukan oleh Penjajah Zionis Israel di Al-Quds maupun Gaza, demikian kutip laman zamanarabic.[Baca: Turki dan Qatar Sepakati Kerjasama Bantu Palestina]

Sebelumnya, bersamaan dengan peringatan tahunan kejahatan penjajah Zionis pada Freedom Flotilla, Turki mendanai proyek nikah akbar 2000 pasangan muda Palestina dari Jalur Gaza.* [Baca: Turki Bantu Biayai Nikah 2000 Pasangan di Gaza]

 

 

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !