Kamis, 25 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Palestina Terkini

Gagal Taklukkan Gaza, Militer Zionis-Israel Lakukan Mutasi dan Pencopotan Komandan

Bagikan:

Hidayatullah.com–Angkatan Bersenjata Zionis-Israel memutuskan perubahan para pemimpin pasukan terbesar di militer penjajah yang telah ikut dalam perang darat di Gaza baru-baru ini.

Keputusan ini merupakan yang terbesar dalam sejarah militer Zionis-Israel, demikian dikutip PIC, Senin (21/10/2014).
Namrud Alony, yang sebelumnya menjabat sebagai komandan pasukan utara Tepi Barat, akan menggantikan Eliezer Tolidano, komandan pasukan payung yang pasukannya bertempur di daerah timur Khan Yunis dalam perang darat terakhir di Gaza.

Mutasi juga mencakup pelengseran komandan Pasukan Khusus Givaati yang memicu perdebatan “Ofir Finter” yang pasukannya tewas di daerah Rafah selatan Jalur Gaza dalam perang darat dan salah seorang perwiranya, Hadar Goldin, disandera pejuang Hamas pada awal Agustus lalu.

Posisinya akan diganti oleh Kolonel Yaron Finkleman yang saat ini bertugas sebagai komandan pasukan utara Jalur Gaza, yang bertugas melindungi permukiman-permukiman Yahudi di utara Jalur Gaza selama perang perlangsung, di antaranya adalah mencegah aksi-aksi penyusupan melalui terowongan, di samping mencegah aksi penyusupan melalui dataran Kibbutts Zikim di awal perang.

Angkatan Bersenjata Zionis juga menunjuk komandan baru untuk Pasukan Nahel, yang tentaranya bertempur di wilayah Beit Hanun dan Beit Lahiya di utara Jalur Gaza selama perang darat berlangsung, yaitu komandan pasukan selatan di militer dan saat perang Kol. Amos Hacohen, yang selama perang memimpin penggagalan aksi penyusupan melalui terowongan. Amos Hacohen akan menggantikan komandan pasukan saat ini yaitu Erwy Gordan, yang merupakan komandan pasukan yang pertama masuk dengan pasukannya ke utara Jalur Gaza selama perang.

Pencopotan juga dilakukan terhadap Komandan Brigade Kfir Kol Asher Ben Lulu, yang pasukannya tidak pernah masuk Gaza selama perang namun dia memimpin aksi menemukan jasad 3 orang tentara remaja Israel yang diculik di Halhul utara Hebron menjelang perang ke Gaza. Dia akan diganti oleh komandan pasukan wiayah Hebron Letkol Guy Hazot.

Mutasi juga mencakup pencopotan komandan pasukan Brigade 7 dan 188 di pasukan lapis baja. Untuk kedua pasukan ini ditunjuk sebagai komandan Dan Neuman sebagai komandan Brigade 188 menggantikan Nadav Lotan dan Neir Ben David sebagai komandan Brigade 7 menggantikan Tomer Afrah.

Kedua pasukan ini turut dalam perang dara di Gaza, termasuk yang melancarkan serangan ribuan meriam dan menggempur kampung Syuja’yah di awal serangan ke Gaza.*

 

Rep: Panji Islam
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Rombongan Terakhir Delegasi Indonesia GMJ Bertolak ke Jordania

Rombongan Terakhir Delegasi Indonesia GMJ Bertolak ke Jordania

Laporan: 100 Wanita Palestina Dipenjara Sejak Dimulainya Intifada 2015

Laporan: 100 Wanita Palestina Dipenjara Sejak Dimulainya Intifada 2015

Hamas Siarkan Penculikan Hadar Goldin dan Pembantaian Rafah

Hamas Siarkan Penculikan Hadar Goldin dan Pembantaian Rafah

Jumlah Korban Gugur di Gaza Bertambah 32 Orang

Jumlah Korban Gugur di Gaza Bertambah 32 Orang

17 Warga Gaza Terluka Terkena Gempuran Israel

17 Warga Gaza Terluka Terkena Gempuran Israel

Baca Juga

Berita Lainnya