Ahad, 17 Oktober 2021 / 11 Rabiul Awwal 1443 H

Palestina Terkini

Dana Tak Sampai Gaza, Ismail Haniyah: Kami Tak Mengemis Bantuan

Bagikan:

Hidayatullah.com–Mantan PM Palestina, Ismail Haniyah mengatakan, bangsa Palestina tak akan mengemis bantuan dari seorangpun meski telah hancur akibat ulah penjajah Israel.

“Bangsa Palestina tak mengemis bantuan dari seorangpun, namun perang besar dan kehancuran akibat agresi zionis di Gaza, mengharuskan zionis membayar harga kejahatan mereka, dan masyarakat internasional harus turut bertanggungjawab terhadap bangsa kami,” ujarnya Ahad, (12/10/2014) dikutip PIC.

Mengomentari acara Konferensi Internasional untuk Pembangunan Kembali Jalur Gaza, Palestina di Kairo, Ahad, Haniyah mengatakan, “Kami melihat konferensi rekonstruksi dari sudut pandang berbeda dari sebelumnya, di mana dana rekonstruksi dalam konferensi terdahulu tak ada yang sampai ke Gaza.”

Haniyah menegaskan perlunya dana yang besar untuk memulai rekonstruksi Gaza.

Meski demikian, kepada Mesir, Haniyah menyampaikan apresiasi atas kesediaan mereka menjadi tuan rumah konferensi.

Haniyah juga menyerukan kepada delegasi Palestina agar jangan sampai mengemis, namun harus menyesuaikan diri dengan pengorbanan yang telah dipersembahkan bangsa Palestina, dan menyampaikan kehancuran besar akibat agresi zionis ke Gaza.

“Hamas serius melakukan rekonsiliasi Palestina, dan berharap agenda konferensi di Kairo berjalan dengan lancar, sehingga pemerintah Palestina bisa menunaikan tanggungjawabnya baik di Gaza mupun di Tepi Barat.

Seperti diketahui, Ahad (12/10/2014) berlangsung Konferensi Internasional untuk Pembangunan Kembali Jalur Gaza, Palestina, pasca serangan militer Israel, digelar di Kairo, Mesir yang dihadiri sejumlah negara termasuk Indonesia.

Ketua Delegasi Indonesia, Wiwiek Setyawati Firman, di sela konferensi itu menegaskan bahwa Indonesia bersama dengan negara lainnya berkomitmen untuk terus membantu Palestina untuk bangkit kembali usai serangan brutal pejajah Israel. [baca: Indonesia Janji Bantu Gaza Satu Juta Dolar]

Ismail Haniyah mengatakan, dana rekonstruksi dalam konferensi tahun lalu tak ada yang sampai ke Gaza

Rep: Panji Islam
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

5.100 Orang Palestina Berada dalam Penjara Zionis

5.100 Orang Palestina Berada dalam Penjara Zionis

Warga Dunia Kecam Zionis ‘Israel’ Pada Hari Kemarahan Internasional

Warga Dunia Kecam Zionis ‘Israel’ Pada Hari Kemarahan Internasional

Israel Sambut Anjuran Kuartet ke Negosiasi Damai

Israel Sambut Anjuran Kuartet ke Negosiasi Damai

Mesir, Kudeta dan 10 Ramalan Amos Yadlin

Mesir, Kudeta dan 10 Ramalan Amos Yadlin

Selama Januari 2011, Zionis Sudah Bunuh 23 Warga Palestina

Selama Januari 2011, Zionis Sudah Bunuh 23 Warga Palestina

Baca Juga

Berita Lainnya