Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Palestina Terkini

Hasil Survei: Rakyat Dukung Perlawanan, Popularitas Fatah dan Abbas Menurun

pic
Kelompok-kelompok perlawanan di Palestina: lebih disukai dari keberadaan Fatah
Bagikan:

Hidayatullah.com–Sebuah survei mengejutkan digelar Pusat Peneliti Universitas An-Najah di Nablus, Utara Tepi Barat, dimana hasilnya memperlihatkan rakyat mendukung penuh perlawanan Palestina sebaliknya popularitas kelompok Fatah terutama Presiden Mahmud Abbas makin menurun.

Survei yang digelar antara 11-13 September 2014 lalu, dan dirilis pada Selasa (16/09/2014) menyebutkan, 76,3 responden mendukung penembakan roket ke sasaran Zionis jika pemerintah penjajah Israel tidak komitmen terhadap kesepakat Kairo.

Sementara 82,9 % responden menuding penjajah Zionis bertanggungjawab atas agresi militer ke Gaza. 6,5 % responden menyebutkan Hamas dan faksi-faksi Palestina sebagai pihak yang bertanggungjawab atas operasi militer Zionis. 72,8 % responden memprediksi akan terjadi pertempuran kembali dengan penjajah Zionis dalam waktu dekat di Gaza, demikian dikutip PIC.

Sebanyak 91,2% responden menyebutkan, penjajah zionis menyerang target sipil Palestina saat agresi militer ke Gaza, dan hanya 4,3% responden yang menyatakan Hamas dan faksi-faksi perlawanan sebagai pihak yang lebih banyak menyerang warga sipil zionis.

Sementara 87,6 % responden menilai bahwa persatuan faksi-faksi Palestina saat pertempuran di Gaza cukup baik.

Terkait Intifadah ke 3 di Tepi Barat, sebanyak 57,5% responden memprediksi segera terjadi. Sementara 49,3 % mendukung Intifadah bersenjata di tepi Barat, dan 44,2 % tidak setuju.

Terkait dengan pemilu eksekutif, sebanyak 82,2 % responden menyatakan akan turut serta. Dan 27 % akan memberikan suara untuk calon dari Hamas, sementara 25,6% akan memberikan suara untuk calon dari Fatah.

Dan 82,2 responden akan turut serta dalam pemilu legislatif, serta 28,4 % akan memberikan pilihan untuk calon dari Hamas, dan 25,9 % akan memberikan pilihan untuk calon dari gerakan Fatah.

Jika pemilu digelar saat ini, prediksi responden, sebanyak 26,2 % Fatah akan meraih kemenangan. Sementara 39,7 % Hamas akan meraih kemenangan.

Terkait dengan afiliasi politik, survei memperlihatankan bahwa masing-masing Hamas dan Fatah meraih 25,7 %, sementara Jihad Islami 4 %, Front Rakyat 2,8%, Front Demokratik 1,1 %, Inisiatif Nasional 0,5 %, Partai Rakyat 0,4 % dan terakhir Partai Fida 0,2 %.

Sementara afiliasi kepada organisasi internasional, sebanyak 83,2 % mendukung. Dan 84,6 % mendukung afiliasi kepada pengadilan pidana internasional, dan 43,8 % memprediksi kesuksesan rekonsiliasi Palestina dan 47,2 % memprediksi rekonsiliasi gagal.

Sedangkan terkait boicot produk Zionis, sebanyak 92,3 % responden mendukung. Dan 63,8 % memprediksi boicot akan berhasil dan 30,1 % memprediksi gagal.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Israel Akan Bangun Pagar di Perbatasan Mesir

Israel Akan Bangun Pagar di Perbatasan Mesir

Serdadu Zionis Yahudi Tembak Mati Remaja Usia 13 Tahun

Serdadu Zionis Yahudi Tembak Mati Remaja Usia 13 Tahun

Saeb Erekat Wafat karena Covid-19 di RS Israel

Saeb Erekat Wafat karena Covid-19 di RS Israel

Syeikh Ikrimah: Israel Raya Hanya Mimpi

Syeikh Ikrimah: Israel Raya Hanya Mimpi

Senator Amerika tegaskan Tak Akan Kurangi Bantuan Tahunan pada Zionis – Israel

Senator Amerika tegaskan Tak Akan Kurangi Bantuan Tahunan pada Zionis – Israel

Baca Juga

Berita Lainnya