Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Palestina Terkini

Perwira Israel: Hamas berhasil Membentuk Militer Solid dan Tangguh

Sniper Al-Qassam, termasuk paling ditakuti pasukan Israel
Bagikan:

Hidayatullah.com—Para pejabat tinggi keamanan Zionis Israel yang ikut dalam serangan Gaza Juli lalu mengungkapkan, para prajurit Hamas yang berhadapan dengan anak buahnya sama sekali tidak disangka-sangka dan tidak dibayangkan sebelumnya.

Mereka yang bertempur tahun ini 2014 dinilai bukanlah mereka yang bertempur di tahun 2008 lalu, saat operasi “Cast Lead”.

Mereka menyebutkan, tidak ada yang menganggap enteng kepada Hamas kecuali telah kecele. Hamas sekarang bukan Hamas yang dulu, ujarnya.

Dalam sebuah pembicaraanya dengan majalah militer Israel “Bazem” Ahad (17/08/2014) dikutip Pusat Informasi Palestina (PIC), seorang pejabat militer Zionis-Israel mengatakan, Hamas hari ini memiliki pasukan tempur dengan segala perangkatnya. Mereka telah mampu membentuk brigade militer yang sebanding dengan brigade militer ISrael, seperti brigade “Nukhbah” atau Brigade Golani milik Israel yang merupakan pasukan elit terlatih di jajaran militer Zionis.

Hamas dinilai telah menyiapkan pasukan khusus untuk menghadapi pasukan Golani ini saat mereka memasuki Gaza.

Mereka bahkan menuding para pejuang Hamas sudah dilatih di berbagai negara di kawasan, seperti Iran, Suriah, Turki, Libya dan Sudan.
“Mereka adalah pasukan yang sulit ditaklukan. Orang-orang yang sudah dilatih ini kembali ke Gaza untuk menerapkan hasil latihanya, termasuk kemampuan mereka dalam menciptakan roket-roket anti dron atau roket anti pesawat biasa,” ujarnya.

“Siapapun yang menganggap enteng Hamas berarti tidak faham sulitnya pertempuran kemarin. mereka tidak tahu bagaimana perubahan drastis pada jajaran militer Hamas. Para prajurit Hamas mundur dalam perang Cast Lead namun mereka kembali lagi dengan kekuatan dan kemampuan tinggi dalam menghadapi pasukan Zionis. Mereka juga sangat berani gagah perkasa.”

Perwira Zionis ini juga menyebutkan, dalam enam tahun Hamas telah berhasil membentuk militer yang terstruktur solid dengan leadership tinggi dan sangat rahasia.

“Hamas tidak asal-asalan, sebagaimana prasangka sebagian orang. Mereka telah dilatih diberbagai negara dengan menggunakan berbagai senjata modern dan canggih. Walau mereka digempur sedemikian rupa, namun terbukti mereka masih mampu memberikan perlawanan kepada Israel dengan gilang-gemilang,” ujarnya.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Bebas, Shalit Mengaku Diperlakukan Secara Baik oleh Hamas

Bebas, Shalit Mengaku Diperlakukan Secara Baik oleh Hamas

Desa Awarta Masih Dikepung Israel

Desa Awarta Masih Dikepung Israel

Serdadu Zionis Yahudi Tembak Mati Remaja Usia 13 Tahun

Serdadu Zionis Yahudi Tembak Mati Remaja Usia 13 Tahun

Popularitas Netanyahu Menurun, Internal Israel Konflik

Popularitas Netanyahu Menurun, Internal Israel Konflik

Kementrian Pendidikan Israel Hasut Pelajar Agar Bunuh Warga Palestina

Kementrian Pendidikan Israel Hasut Pelajar Agar Bunuh Warga Palestina

Baca Juga

Berita Lainnya