Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Palestina Terkini

Qatar Tingkatan Bantuan ke Gaza

cnn
Inilah hasil karya penjajah Israel merusak dan manghancurkan rumah warga Gaza
Bagikan:

Hidayatullah.com–Panitia Rekonstruksi Gaza dari Qatar telah meningkatkan bantuan mencapai 23 juta dolar setelah ditambah 13 juta dolar pekan lalu.

Hal tersebut untuk memenuhi berbagai tuntutan untuk daerah-daerah bencana dan menampung para keluarga yang kehilangan tempat tinggal, yang rumah-rumah mereka dihancurkan oleh mesin perang Zionis dalam agresi terakhir ke Jalur Gaza sejak 7 Juli lalu.

Seperti diketahui, upaya pembangunan kembali kehancuran Gaza diperkirakan menelan biaya 6 miliar dollar AS (setara Rp 70,5 triliun).

Direktur Kantor Teknis Panitia Rekonstruksi Gaza dari Qatar, Abu Ras, dalam pernyatannya dikutip Pusat Informasi Palestina (PIC) hari Ahad (17/08/2014) menyatakan bantuan Qatar ini sudah dimulai sejak hari-hari pertama agresi Zionis senilai 5 juta dolar.

Kemudian ditingkatkan pada pekan kedua agresi menjadi 10 juta dolar dan pekan lalu ditambah 13 juta dolar sehingga total bantuan menjadi 13 juta dolar.

“Melalui bantuan yang diperbarui, Qatar terus mendukung kebutuhan penduduk daerah bencana dengan segala bentuk layanan kemanusiaan. Di antaranya adalah pendistribusia air layak minum, menyiapkan klinik-klinik di tempang penampungan serta generator-generator listrik untuk mengaktifkan sumur-sumur ait yang ada di wilayah tersebut atau yang dekat dari daerah tersebut untuk memompa air ke daerah-daerah tersebut, ” ujar Abu Ras.

Sebelumnya, Wakil Menteri Urusan Sosial, Omar al-Dari dikutip Safa News Agency mengatakan kementerian akan menyalurkan bantuan yang berasal dari Komite Qatar untuk membangun kembali Gaza dalam dua hari dan itu adalah 1000 dolar untuk pemilik rumah yang rumahnya hancur total selama agresi.

“Komite pemerintah di Gaza akan mengawasi distribusi bantuan tersebut dan kantor Kementerian Sosial akan mendistribusikan uang pada cabang-cabangnya di seluruh Gaza,” katanya.

Dia juga mengatakan bahwa kementerian sedang mengerjakan verifikasi dan menyelesaikan daftar nama pemilik rumah dalam hitungan transparan.

Dia menjelaskan bahwa itu dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan yang disebabkan oleh dampak dari agresi dan kelangsungan dalam memberikan layanan bantuan darurat ke wilayah-wilayah bencana.

Ini bukan pertama kali Qatar memberikan kontribusi rekonstruksi Gaza, tahun 2013 Qatar telah membantu melaksanakan pembangunan kembali fasilitas-fasilitas publik dan infrastruktur vital. Termasuk rumah sakit, jaringan listrik, dan air serta jalan.

Tahun 2013, negeri kaya di Teluk Arab juga mendonorkan dana lebih dari 400 juta dollar AS (Rp 4,7 triliun).
Selain Qatar, Turki juga dikenal ringat tangan membantu Gaza.

Sebelumnya, Saudi melalui Menteri Keuangan Dr Ibrahim bin Abdulaziz Al-Assaf, dalam sebuah pernyataan do Saudi Press Agency mengungkapkan, perintahnya memberikan Bulan Sabit Merah Palestina di Gaza bantuan sebesar 200 juta riyal Saudi atau sekitar Rp 620 miliar.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Israel Tangkap 15 Anggota Hamas Pasca Pembunuhan Imam Palestina di Malaysia

Israel Tangkap 15 Anggota Hamas Pasca Pembunuhan Imam Palestina di Malaysia

Santi: “Dzikru Sehat, Kami Beda Penjara”

Santi: “Dzikru Sehat, Kami Beda Penjara”

Pemukim Yahudi Lempari Mobil Warga Palestina, Aparat Penjajah Hadapi dengan Persuasif

Pemukim Yahudi Lempari Mobil Warga Palestina, Aparat Penjajah Hadapi dengan Persuasif

500 Pemukim Yahudi Cengkram Kehidupan 300 Ribu Warga Palestina di Khalil

500 Pemukim Yahudi Cengkram Kehidupan 300 Ribu Warga Palestina di Khalil

Makam Ma’man Allah Dirusak Yahudi Israel

Makam Ma’man Allah Dirusak Yahudi Israel

Baca Juga

Berita Lainnya