Rabu, 26 Januari 2022 / 22 Jumadil Akhir 1443 H

Palestina Terkini

Hamas Rayakan Setahun Pembebasan Tahanan Palestina

Pejuang Hamas menaiki truk bersenjata yang disebutnya dapat menangkal serangan udara/AP.
Bagikan:

Hidayatullah.com–Ratusan pejuang Hamas melaksanakan perayaan di Gaza Kamis (18/10/2012) untuk menandai satu tahun pembebasan  1.027 orang Palestina dari penjara Zionis Israel, sebagai pertukaran bagi pembebasan seorang tentara Israel.

Dalam acara pertama dari perayaan tersebut, ratusan pejuang bersenjata dan bertopeng dari Ezzedine Al-Qassam, sayap bersenjata gerakan Hamas yang berkuasa, berbaris melalui kota dalam pertunjukan unjuk kekuatan yang besar, kata seorang koresponden AFP, dimuat Arab News.

Seorang tentara Zionis Israel Gilad Shalit berhasil ditawan pada Juni 2006 oleh sekelompok pejuang Hamas, yang kemudian memicu keresahan selama lebih dari lima tahun bagi Israel, yang akhirnya berakhir pada 18 Oktober 2011.

Saat Shalit dibebaskan, Israel membebaskan 477 tahanan Palestina dalam tahap pertama dari rencana dua tahapan, yang akhirnya membebaskan lebih dari seribu tawanan, termasuk ratusan yang sedang menjalani hukuman seumur hidup akibat melakukan serangan anti-Israel.

Seorang juru bicara Komite Perlawanan Rakyat yang ikut merayakan pembebasan itu,  bersumpah untuk menawan lebih banyak tentara Zionis guna pembebasan tahanan Palestina dari penjara-penjara Israel.

“Cara untuk membebaskan para tahanan kami adalah dengan melalui penculikan lebih banyak tentara Zionis. Perlawanan tidak akan lumpuh selama ada komitmen ini,” kata juru bicara PRC Abu Mujahed dalam pernyataan yang dikirim ke AFP.

“Semua faksi perlawanan Palestina sedang berusaha mengulang kesepakatan dan menangkap “Shalit baru”. Begitu caranya sekarang,” katanya.

Kesepakatan tahun lalu yang diperantarai Mesir itu, berhasil menuai pujian untuk Hamas dari masyarakat Palestina. Tapi setiap langkah gerakan perlawanan, dengan menerima  ketentuan dari Israel, tidak akan lagi disambut oleh kelompok Ezzedine Al-Qassam.

“Tidak ada pertukaran yang akan dilakukan di masa depan, jika musuh menolak pembebasam pada saat pembicaraan kesepakatan sedang dilakukan,” kata juru bicara Brigade, Abu Obeida, kepada wartawan.

“Pelepasan para tahanan adalah prioritas utama bagi Brigade Ezzedine Al-Qassam,” katanya.*

Rep: Insan Kamil
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Hamas Gaza, Mesir

Kepala Intelijen Mesir Mengadakan Pembicaraan dengan Hamas di Jalur Gaza

Ismail Haniyah: Tanpa Generasi Qurani, Palestina Tak Akan Merdeka

Ismail Haniyah: Tanpa Generasi Qurani, Palestina Tak Akan Merdeka

Demi Israel, Inggris Ubah Yurisdiksi Universal

Demi Israel, Inggris Ubah Yurisdiksi Universal

Mahmoud Abbas Tunda Pemilu Palestina, PBB Desak Dijadwalkan Ulang

Mahmoud Abbas Tunda Pemilu Palestina, PBB Desak Dijadwalkan Ulang

Pergi Belanja Bocah Kecil Diciduk Tentara Zionis

Pergi Belanja Bocah Kecil Diciduk Tentara Zionis

Baca Juga

Berita Lainnya