Sabtu, 4 Desember 2021 / 28 Rabiul Akhir 1443 H

Palestina Terkini

Israel Gali Kawasan Sekeliling Masjidil Aqsha

Bagikan:

Hidayatullah.com–Yayasan Al-Aqsha menegaskan, Zionis-Israel melakukan penggalian terowongan di bawah dan sekitar Masjidil Aqsha, sejumlah infrastruktur Yahudi dibangun disekitar masjid, hingga kemudian Masjidil Aqsha terkepung dari arah bawah oleh sejumlah jaringan terowongan dan dari bagian atas dengan permukiman Yahudi.

Dalam keterangan pers, Kamis (29/12/2011) Yayasan Al-Aqsha menyatakan, komite perencanaan dan pembangunan lokal Pemerintah Kota (Pemkot) Zionis-Israel di Al-Quds telah menyetujui dalam sidang yang digelar kemarin rencana yang diajukan asosiasi pemukiman Yahudi “Elad” untuk membangun dua proyek pemukiman di kota Silwan, yang terletak di bagian Selatan Masjidil Aqsha.

Proyek pertama membangun pusat bisnis dan Yahudisasi di lahan Palestina seluas 5460 M2 yang terletak di gerbang komplek Wadi Hulwa, beberapa meter dari gerbang Maghoribah, dimana jaringan terowongan telah dibuka secara resmi di wilayah ini.

Pemantauan yang dilakukan Yayasan Al-Quds di sekitar lapangan menyebutkan bahwa Israel melanjutkan bahkan menyegerakan penggalian dalam rangkaian rencana terpadu mengepung Masjidil Aqsha dengan infrastruktur Yahudi.

Rencana kedua yang telah disetujui, mendirikan gedung Yahudisasi yang besar di bagian kosong lahan Palestina yang terletak di ujung terowongan Yabusi di pusat kota Silwan.

Gedung ini akan digunakan untuk wisata dalam proyek Yahudisasi yang akan dinamakan dengan Pusat Wisata Kota Daud, di sepanjang gerbang kota Silwan –komplek Wadi Hulwa- dan berakhir di pusat kota Silwan di komplek Bustan dan Masjid Al-Ain.

Pusat Kajian Palestina menyebutkan, asosiasi Elad mengajukan ijin untuk membangun restoran di sebuah rumah yang mereka sita di komplek Wadi Rubaba Silwan.

Yayasan Al-Aqsha menegaskan, melalui pemantauan lapangan diketahui bahwa penggalian yang dilakukan Israel terus berlanjut dengan tempo yang cepat di kawasan Masjid Ain Silwan, dengan tujuan memperluas jaringan terowongan dan menyambungkannya satu sama lain, dari kota Silwan menuju Utara sampai Masjidil Aqsha.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

sheikh jarrah dirampas zionis

Bernasib seperti Sheikh Jarrah, Empat Wilayah Ini Terancam Dirampas Zionis Israel (3)

Shaath: Pelestina Punya 9 Suara di DK PBB

Shaath: Pelestina Punya 9 Suara di DK PBB

Hamas: Penutupan Sekolah-Sekolah Israel Bentuk Deklarasi Kelemahan dan Kegagalan

Hamas: Penutupan Sekolah-Sekolah Israel Bentuk Deklarasi Kelemahan dan Kegagalan

Hak-hak Dasar Syeikh Raed Salah Tak Dipenuhi di Penjara ‘Israel’, Ungkap Pengacaranya

Hak-hak Dasar Syeikh Raed Salah Tak Dipenuhi di Penjara ‘Israel’, Ungkap Pengacaranya

Lieberman Akui Tak Satupun Sanggup Leyapkan Hamas di Gaza

Lieberman Akui Tak Satupun Sanggup Leyapkan Hamas di Gaza

Baca Juga

Berita Lainnya