Selasa, 25 Januari 2022 / 21 Jumadil Akhir 1443 H

Palestina Terkini

Izzuddin Al-Qassam: Ghilad Shalit Bukan Tawanan Terakhir

Bagikan:

Hidayatullah.com–Sejumlah sumber yang berhasil dilansir pusat informasi Palestina mengungkapkan, tahap pertama kesepakatan dari “Tunaikan Pembebasan” yang akan direalisasikan dalam beberapa hari ke depan, mencakup 450 tawanan dan 27 tawanan perempuan yang berada di semua penjara Israel.

Para tawanan yang sudah dimasukan dalam transaksi tawanan berjumlah 315 tawanan yang tervonis hukuman seumur hidup. 135 tawanan lainya divonis hukuman tinggi.

Sumber menyebutkan, di antara para tawanan adal lima tawanan perempuan yang divonis seumur hidup. Mereka adalah, Ahlam Tamimi dan Qahirah Sa’di. Selain itu, daftar tawanan yang akan dibebaskan di luar tawanan perempuan yaitu, 45 tawanan dari Al-Quds, 5 tawanan dari wilayah jajahan 48, 2 tawanan dari Golan, 131 tawanan dari Gaza dan 268 tawanan dari Tepi Barat.

Untuk tahap kedua, akan dibebaskan setelah dua bulan paska pembebasan tahap pertama yang berjumlah 550 tawanan lainya.

Shalit Bukan Tawanan Terakhir

Sementara itu, Brigade Izzuddin Al-Qassam, sayap militer pejuang Hamas, menyatakan, tentara Zionis yang ditawan Hamas bukan hanya Ghilad Shalit saja, sebab masih banyak.
 
Abu Ubaidah, Jubir media Brigade dalam konferensi pers yang dilansir situs online Al-Qassam, Rabu (12/10/2011) menegaskan bahwa tentara Israel, Ghilad Shalit, bukan tawanan terakhir jika Israel tetap menahan tawanan Palestina, demikian dikutip Info  Palestina.

Menurutnya Brigade Al-Qassam berkomitmen membebaskan tawanan yang mendekam di sel penjara Israel, supaya mereka bisa kembali kepada keluarga masing-masing dalam keadaan selamat.

Sumber di Hamas menyebutkan, jumlah keseluruhan yang disepakati dalam pertukaran tawanan adalah 1027 orang. Pertukaran akan dilakukan dalam dua tahap, pertama terdiri dari 450 tawanan laki-laki +27 tawanan wanita. Tahap kedua terdiri dari 550 tawanan.

Tahap pertama pertukaran juga mencakup 315 tawanan yang divonis seumur hidup dan 135 yang divonis berat, di samping semua tawanan wanita yang berjumlah 27 orang, 5 di antaranya divonis seumur hidup, seperti Ahlam Tamimi dan Kairoh Sa’di.

Dari 450 tahap pertama selain tawanan wanita adalah 45 tawanan asal Al-Quds, dan 5 tawanan dari wilayah Palestina 48, satu orang dari dataran ting tinggi Golan, di samping 131 tawanan asal Gaza dan 268 tawanan asal Tepi Barat.*

Keterangan foto: Wajah Gilad Shalit saat ditampakkan dalam video yang dirilis Hamas Oktober 2009.

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Hamas Tak Mungkin mengakui Zionis-Israel

Hamas Tak Mungkin mengakui Zionis-Israel

Pertukaran Tahanan Palestina-Israel Rampung

Pertukaran Tahanan Palestina-Israel Rampung

Pengiriman Bahan Bakar dari Qatar untuk Gaza Telah Tiba

Pengiriman Bahan Bakar dari Qatar untuk Gaza Telah Tiba

Menteri Luar Negeri Otoritas Palestina Mendesak ‘Israel’ untuk Kembali Berunding

Menteri Luar Negeri Otoritas Palestina Mendesak ‘Israel’ untuk Kembali Berunding

100 Juta Dollar Kembali Digelontorkan Qatar Untuk Gaza

100 Juta Dollar Kembali Digelontorkan Qatar Untuk Gaza

Baca Juga

Berita Lainnya