Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Palestina Terkini

PM Salam Fayyad Facebook-an

Bagikan:

Hidayatullah.com–Para pemuda di Timur Tengah menggunakan situs jejaring sosial Facebook dan Twitter dalam upaya menumbangkan pemerintah mereka, hal itu mendorong perdana menteri Otoritas Palestina untuk ikut menggunakan fasilitas yang sama.

Dalam salah satu pesan yang ditulis pada hari Rabu menjelang siang (23/2), Dr. Salam Fayyad–atau orang yang diserahi untuk mengelola akunnya–meminta para anggota lamannya untuk mengusulkan nama orang yang mereka anggap kredibel, memiliki kepemimpinan dan keterampilan yang baik untuk mengisi jabatan menteri.

Beberapa usulan masuk, namun kebanyakan mengajukan nama-nama baru dari tokoh pemuda lokal di Tepi Barat maupun Jalur Gaza.

Beberapa nama yang diusulkan antara lain, Ismail Deik dari Yerikho sebagai menteri pertanian, Sami Awad dari Bait Lahm sebagai menteri parwisata dan pengusaha Palestina dari kota Ramallah, Ibrahim Barham, sebagai menteri ekonomi.

Ada juga orang yang tidak malu untuk mencalonkan dirinya sendiri. “Saya seorang mahasiswa Universitas Beir Zeit, saya tinggal di Ramallah dan benar-benar siap untuk mengisi posisi apapun ^_^,” tulis pemilik akun bernama Bara Al-Qadi.

Usulan dari seorang wanita benama Suhair Tabanja Clinton terdengar agak serius. “Ada seorang asal Nablus yang datang ke kementerian dengan rencana membangun sebuah lapangan udara di Nablus. Dia mungkin orang yang cocok,” tulisnya.

Sebagaimana dilansir Maan (23/2), berbicara kepada para wartawan Senin malam lalu, Fayyad membenarkan bahwa dia telah mengajukan usul sebuah pemerintahan persatuan, berdasarkan pada “konsep keamanan” yang diterapkan Hamas di Jalur Gaza.

“Konsep keamanan yang dipraktekkan Hamas di Jalur Gaza harus ditempatkan dalam sebuah kerangka formal, karena (konsep) itu tidak berbeda dengan apa yang dipraktekkan oleh Otorita Palestina di Tepi Barat,” kata Fayyad.

“Setelah sebuah pemerintah persatuan nasional terbentuk, maka dia dapat melaksanakan tugas pengawasan terhadap kesepakatan keamanan berdasarkan pada institusi yang ada di Tepi Barat dan Gaza.”

Menurut pantauan hidayatullah.com, hingga sore ini terdapat 17.624 akun Facebook yang menyukai laman facebook.com/Salam.Fayyad.*

Rep: Dija
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Covid-19: Tepi Barat, Palestina Menerima Dosis Vaksin Covax Pertama

Covid-19: Tepi Barat, Palestina Menerima Dosis Vaksin Covax Pertama

Terminal Perbatasan Dibuka, Ratusan Warga Gaza Antri

Terminal Perbatasan Dibuka, Ratusan Warga Gaza Antri

Prabowo Ajak Bantu Gaza dan Palestina lebih Nyata

Prabowo Ajak Bantu Gaza dan Palestina lebih Nyata

Hormati Ramadhan, Otoritas Palestina Didesak Bebaskan Tahanan

Hormati Ramadhan, Otoritas Palestina Didesak Bebaskan Tahanan

Polisi Sebar Foto Pembunuh Aktivis Italia

Polisi Sebar Foto Pembunuh Aktivis Italia

Baca Juga

Berita Lainnya