Kamis, 8 Juli 2021 / 28 Zulqa'dah 1442 H

Palestina Terkini

Pantau Pemukiman Yahudi Lewat Aplikasi iPhone

Bagikan:

Hidayatullah.com–American for Peace Now (APN) merilis sebuah aplikasi iPhone dan iPad yang dapat digunakan untuk melacak perkembangan pembangunan pemukiman Yahudi oleh Israel di tanah Palestina.

APN adalah sebuah organisasi asal AS yang merupakan rekan Peace Now, organisasi Israel yang mengamati pemukiman Yahudi.

“Siapapun, di mana pun dapat masuk dan melihat kenyataan yang terjadi di lapangan,” kata Presiden dan Kepala Eksekutif APN Debra DeLee, mengenai aplikasi gratis yang bisa didapat melalui iTunes tersebut.

“Aplikasi baru ini menunjukkan realita sebenarnya bahwa pemukiman-pemukiman (Yahudi) didirikan di atas tanah wilayah Tepi Barat,” kata DeLee dalam sebuah pernyataan yang dikutip AFP (20/9/2010).

“Sementara orang memiliki pendapat masing-masing mengenai isu yang memecahbelah ini, hanya ada serangkaian fakta, dan aplikasi kami membuat fakta-fakta ini tersedia dengan kejelasan dan detil yang belum pernah ada sebelumnya,” katanya lagi.

“Kami berharap aplikasi ini akan merevolusi perdebatan atas masalah pemukiman di Tepi Barat, mengakhiri polemik dan pembahasan yang berputar-putar, untuk menetapkan diskusi berdasarkan fakta.”

Aplikasi yang diberi nama Facts on the Ground: The APN Map Project itu berisi Google Map  yang menampilkan pemukiman Yahudi dengan tanda rumah-rumah berwarna biru dan pos terluarnya dengan warna merah.

Jika sebuah pemukiman diklik maka akan ditampilkan tanggal pendirian, jumlah populasi, ukuran serta informasi lainnya

Alat unik yang menurut DeLee tidak ada yang menyamainya itu, merupakan hasil kerja dari tim Peace Now di Israel yang memiliki keahlian luas dan mendalam.

“Transparansi yang dimiliki alat ini tidak diragukan lagi sangat penting pada masa sekarang, karena Israel tidak memperdulikan penghentian pembangunan pemukiman baru,” tambahnya.

Menurut APN, aplikasi tersebut akan senantiasa mereka perbaharui sejalan dengan perkembangan peristiwa dan isu yang menjadi berita, seperti rencana pembangunan pemukiman baru, pendirian atau penghapusan pos terluar dan insiden kekerasan yang dilakukan oleh pemukim Israel atau orang Palestina.

Versi web dari aplikasi ini tersedia di peacenow.org/map dan menurut APN dalam waktu dekat juga akan tersedia aplikasi untuk ponsel pintar. Sementara aplikasi yang berbahasa Hebrew masih dalam proses pembuatan. [di/afp/hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Bertemu Delegasi Hamas, Erdogan Tegaskan Dukungan Turki pada Palestina

Bertemu Delegasi Hamas, Erdogan Tegaskan Dukungan Turki pada Palestina

Ratusan Pemukim Yahudi Serang Mobil Palestina

Ratusan Pemukim Yahudi Serang Mobil Palestina

Politisi Israel Desak Serang Gaza dengan Bom Atom

Politisi Israel Desak Serang Gaza dengan Bom Atom

Israel Desak Libanon Cegah Kapal Bantuan ke Gaza

Israel Desak Libanon Cegah Kapal Bantuan ke Gaza

PLO dan Hamas Kecam Donald Trump Hapus Baitul Maqdis dalam Pembicaraan Damai

PLO dan Hamas Kecam Donald Trump Hapus Baitul Maqdis dalam Pembicaraan Damai

Baca Juga

Berita Lainnya