Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Palestina Terkini

Dompet Dhuafa: Israel Menghina Dunia

Bagikan:

Hidayatullah.com–Tragedi penembakan tak berperikemanusiaan yang dilakukan Angkatan Laut Israel terhadap konvoi kapal kemanusiaan Marvi Marmara yang sedang berlayar membawa 10 ribu ton bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina di Gaza,  memancing kemarahan dunia.

“Kita mengecam keras tindakan brutal militer Israel yang menembaki kapal dan menerjunkan pasukan menyerbu secara membabi-buta kapal yang berisi para relawan dari 50 negara yang sama sekali tak bersenjata,” press release Dompet Dhuafa yang dikirim ke redaksi hidayatullah.com

Sebagaimana diketahui, Senin (31/5), militer Israel menyerang kapal yang berisi bantuan dan aktivis kemanusiaan bagi rakyat Palestina yang kini tengah diblokade oleh Israel. Sedikitnya 19 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

Kapal diketahui mengangkut lebih 600 aktivis kemanusiaan dan sejumlah anggota parlemen dari sejumlah negara. Rombongan terdiri dari organisasi rakyat dari lebih 50 negara di bawah koordinasi IHH (Insani Yardim Vakfi), yang berbasis di Turki.

 “Hari ini adalah hari berkabung bagi seluruh relawan dan pegiat kemanusiaan seluruh dunia. Kami menyebutnya sebagai Black Monday atau Senin Hitam bagi sejarah kemanusiaan dunia,” ungkap Direktur Program Dompet Dhuafa, Arifin Purwakananta di Jakarta, Senin (31/5), di tengah rapat guna membahas aksi dengan sejumlah organisasi kemanusiaan.

Arifin menegaskan bahwa kegiatan bantuan kemanusiaan dilindungi oleh hukum internasional, oleh karenanya, apa yang dilakukan oleh militer Israel adalah sebuah pelecehan dan penghinaan terhadap hukum internasional. “Penembakan kepada relawan kemanusiaan merupakan hal yang melanggar nilai kemanusiaan dan hukum International,” tandasnya. Lebih lanjut, dia menghimbau seluruh aktivis kemanusiaan mengenakan pita hitam sebagai tanda berkabung dan wujud keprihatinan atas tragedi kemanusiaan ini.

Menanggapi sikap brutal tentara Israel ini, Dompet Dhuafa bersama sejumlah lembaga kemanusiaan yang selama ini concern dengan isu Palestina akan menggalang aksi mendukung perjuangan aktivis kemanusiaan yang saat ini telah berangkat ke Gaza, dan serempak mengecam tindakan brutal Israel ini.

Aksi solidaritas ini akan dilaksanakan di Bundaran HI,  Selasa (01/06) pagi besok mulai pukul 06.30 WIB.[cha/hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Cadar dan Tattoo di Kafilah Menuju Gaza

Cadar dan Tattoo di Kafilah Menuju Gaza

[Berita Foto] Panen Zaitun Palestina

[Berita Foto] Panen Zaitun Palestina

Muslim Sulit Masuk Al Aqsa karena Hari Raya Yahudi

Muslim Sulit Masuk Al Aqsa karena Hari Raya Yahudi

Perang “Hijarah as Sijjil” Rugikan Zionis  “Lahir Batin”

Perang “Hijarah as Sijjil” Rugikan Zionis “Lahir Batin”

Gerakan Islam Hamas Muncurkan 9 Rudal dan Mortar dari Gaza yang Dikepung

Gerakan Islam Hamas Muncurkan 9 Rudal dan Mortar dari Gaza yang Dikepung

Baca Juga

Berita Lainnya