Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Palestina Terkini

Israel Kembali Serang Jalur Gaza

Bagikan:

Hidayatullah.com–Empat serangan dilakukan ke dekat kota Khan Younis, tempat dua tentara Israel tewas dalam bentrokan dengan pejuang Palestina minggu lalu.

Israel mengatakan sasaran operasi itu adalah empat pabrik senjata. Media melaporkan warga sipil menjadi korban serangan itu.

Serangan ini adalah yang paling serius sejak Israel mengakhiri operasi serangan ke Jalur Gaza bulan Januari 2009.

Palestina dan kelompok-kelompok hak asasi manusia mengatakan lebih dari 1.400 warga Gaza tewas dalam serangan tahun lalu, sementara Israel menyebut jumlah korban 1.166. Dari pihak Israel 13 warganya tewas.

Saksi mata serangan paling baru mengatakan pesawat tempur Israel menyerang bengkel logam, pertanian, satu pabrik susu dan satu lokasi milik sayap militer Hamas.

Direktur ambulans dan gawat darurat, Muawiya Hassanein, mengatakan 13 anak cedera ringan akibat pecahan logam.

BBC di Jerusalem mengatakan Israel tampaknya memberi isyarat bahwa jika ada kegiatan militan di Gaza, negara itu akan membalas.

Dalam pernyataan tertulis kepada BBC, militer Israel mengatakan pihaknya “tidak akan mentolerir kegiatan teroris di wilayah Gaza yang mengancam warga Israel”.

Kantor berita Palestina melaporkan bahwa pada hari Kamis pesawat Israel menjatuhkan selebaran di sebagian wilayah Gaza yang memperingatkan warga mengenai aksi balasan terhadap pembunuhan tentara Israel di Khan Younis hari Jumat lalu.

Keduanya adalah tentara Israel pertama yang tewas dalam aksi tembak menembak di Gaza dalam satu tahun terakhir. Sayap militer Hamas mengaku bertangungjawab atas serangan itu.

Hamas mengatakan kantor polisi dan fasilitas pelatihan menjadi sasaran serangan malam hari Israel itu.

Khimar Abu Sada, pengajar ilmu politik di universitas al-Azhar Gaza City, mengatakan kepada BBC bahwa dia mendengar sejumlah ledakan di kota itu.

“[Hari Kamis] militer Israel menyebarkan selebaran di Gaza City yang memperingatkan warga Palestina akan satu balasan Israel atas pembunuhan dua tentaranya…jadi kami memperkirakan serangan hari Jumat, tetapi tidak Kamis malam,” ujarnya.

Ketegangan di wilayah itu meningkat setelah pemerintah Israel mengumumkan pembangunan 1.600 rumah baru bagi warga Yahudi di Jerusalem Timur, yang diinginkan oleh Palestina sebagai ibukota negara Palestina di masa depan.
Gaza Israel

Amerika Serikat mengkritik proyek Ramat Shlomo, yang membuat Palestina menarik diri dari perundingan damai tak langsung yang ditengahi Amerika.

Perselisihan ini menyebabkan krisis terburuk dalam hubungan Amerika-Israel dalam beberapa dekade terakhir, dan media melaporkan bahwa Amerika mempertimbangkan langkah abstain dalam resolusi Dewan Keamanan PBB yang menentang perluasan pemukiman Yahudi Israel.

Biasanya Amerika selalu menghalangi resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengkritik Israel.

Serangan roket

Kelompok pejuang di Jalur Gaza baru-baru ini meningkatkan serangan roket ke Israel. Sumber-sumber militer mengatakan bahwa pada hari Rabu, mereka menembakkan satu roket ke lapangan di Israel selatan, namun tidak ada laporan mengenai korban atau kerusakan.

Bulan Desember 2008, angkatan bersenjata Israel melancarkan serangan 22 hari ke Jalur Gaza, membom kota-kota Palestina sebelum mengerahkan tentara -Israel mengatakan ini adalah balasan atas serangan roket Hamas ke Israel selatan.

Setelah serangan itu, Hamas meningkatkan serangan roket ke kota-kota Israel yang terletak dekat Jalur Gaza sebelum kedua kubu menyepakati gencatan senjata.

BBC mengatakan Hamas mencoba menghentikan serangan roket dari Gaza dan tahun lalu jumlah serangan memang berkurang.

Israel menegaskan keadaan itu merupakan hasil dari operasi militernya namun banyak kelompok pejuang di Gaza dan tidak semua berada dibawah kendali Hamas. [bbc/hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Warga Palestina Mengecam Putra Mahkota Saudi Terkait ‘Hak Israel’

Warga Palestina Mengecam Putra Mahkota Saudi Terkait ‘Hak Israel’

Belum Genap Satu Tahun, Zionis Sudah Hancurkan 780 Rumah Palestina

Belum Genap Satu Tahun, Zionis Sudah Hancurkan 780 Rumah Palestina

Militer Israel Perintahkan Tebang Ratusan Pohon

Militer Israel Perintahkan Tebang Ratusan Pohon

OKI Kecam Penodaan Istana Bani Umayah

OKI Kecam Penodaan Istana Bani Umayah

Israel Serang Basis Hamas di Gaza

Israel Serang Basis Hamas di Gaza

Baca Juga

Berita Lainnya