Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Palestina Terkini

Warga Palestina Boikot Produk Permukinan Zionis

Bagikan:

Hidayatullah.com–Kepala Badan Otorita Palestina mengeluarkan undang-undang larangan penggunaan produk buatan distrik-distrik permukiman zionis di wilayah Palestina.

Sebagaimana diberitakan Kantor Berita Palestina, Penasehat Hukum Kepala Badan Otorita Palestina, Hasan Al-Auri dalam keterangannya menjelaskan bahwa tujuan ditetapkannya undang-undang tersebut untuk melindungi produk buatan dalam negeri dan upaya untuk melawan para pemukim zionis.

Al-Auri menambahkan, “Jika seseorang terbukti melakukan transaksi perdagangan dengan para pemukim zionis dan memasukkan barang dagangan mereka ke pasar Palestina, maka ia akan memperoleh sanksi hukuman dan barang yang telah dibeli bakal disita”.

Produk Kita

Awal tahun 2010 lalu,  Palestina juga melancarkan program memboikot semua jenis komoditas produk permukiman Yahudi di Tepi Barat, Jerusalem Timur, dan Dataran Tinggi Golan. Program boikot tersebut mengusung nama “Produk Kita”.

Palestina menganggap permukiman Yahudi adalah ilegal, karena itu semua produknya juga ilegal.

Menurut data statistik Otoritas Palestina, Senin (18/1), komoditas produk permukiman Yahudi yang membanjiri pasar Palestina diperkirakan mencapai 800 juta dollar AS per tahun dari 2,8 miliar dollar AS, nilai keseluruhan ekspor Israel ke wilayah Palestina per tahun.

Palestina mengonsumsi 20 persen dari ekspor buah-buahan Israel dan 20 persen dari ekspor sejumlah jenis pangan Israel. Palestina juga mengimpor obat- obatan dari Israel senilai 30 juta dollar AS per tahun.

Sejak Juni hingga Agustus 2009 telah dimusnahkan ratusan ton komoditas busuk yang sebagian besar berasal dari wilayah permukiman Yahudi.

Deputi Menteri Urusan Ekonomi Palestina Abdel Hafez Noufel, seperti dikutip situs televisi Aljazeera, mengungkapkan, otoritas Palestina mulai melaksanakan program untuk mengosongkan pasar Palestina dari produk permukiman Yahudi pada tahun 2010.

Menurut Noufel, aksi boikot produk permukiman Yahudi itu merupakan pesan bahwa perjuangan politik dan ekonomi melawan Israel harus seiring dan saling melengkapi.

Kementerian Perekonomian Palestina mengancam akan memberi sanksi kepada siapa pun yang ketahuan mengimpor komoditas produk permukiman Yahudi dan akan langsung memusnahkan produk tersebut.

Namun, lanjut Noufel, Palestina tidak memboikot produk dari dalam wilayah Israel alias bukan dari wilayah permukiman.

Adapun anggota parlemen Palestina, Mustafa Barghouti, mengatakan, aksi boikot produk permukiman Yahudi adalah cara efektif melawan Israel tanpa kekerasan. Aksi boikot itu, lanjut Barghouti, bisa menjadi upaya untuk mengurangi secara bertahap ketergantungan ekonomi Palestina kepada Israel. [irb/cha/www.hidayatullah.com]

Untuk menyertakan bantuan kemanusiaan Palestina, Anda bis menghubungi Rekening Hidayatullah.com di Bank Mandiri No: 141-00-0992062-0 An. Lentera Jaya Abadi Peduli Palestina atau melalui atau kafilah Viva Palestina Indonesia    

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Dinilai Lecehkan Masjid, Pemerintah Jordania Kutuk Israel

Dinilai Lecehkan Masjid, Pemerintah Jordania Kutuk Israel

Nur Abu Issa, Syahidah Termuda di Gaza

Nur Abu Issa, Syahidah Termuda di Gaza

Galloway: Hak Kembali Pengunggsi Palestina Adalah Hak Waris

Galloway: Hak Kembali Pengunggsi Palestina Adalah Hak Waris

Israel Membredel Buku Pelajaran Sejarah

Israel Membredel Buku Pelajaran Sejarah

Sepanjang 2012 11.000 Pemukim Ilegal dan Serdadu Zionis Serbu Masjid Al-Aqsha

Sepanjang 2012 11.000 Pemukim Ilegal dan Serdadu Zionis Serbu Masjid Al-Aqsha

Baca Juga

Berita Lainnya