Aktivis Palestina Runtuhkan Tembok Pembatas

Bertepatan dengan perayaan runtuhnya tembok Berlin, aktivis di Palestina meruntuhkan sebuah tembok beton sebagai bentuk perlawanan terhadap Israel

Terkait

Hidayatullah.com–Orang-orang Palestina Senin (9/11) meruntuhkan sebuah papan beton raksasa yang menjadi pagar pembatas di wilayah Tepi Barat. Kejadian itu bertepatan dengan perayaan runtuhnya Tembok Berlin di Jerman.

Sebuah truk digunakan untuk menarik selembar papan beton hingga runtuh, yang mendapat sambutan gegap gempita dari sekitar150  aktivis Palestina dan para pendukung asing di dekat kamp pengungsian Qalandia, di luar Ramallah.

Kontan aksi tersebut disambut dengan tembakan gas air mata dan granat oleh tentara Israel.

“Hari ini adalah perayaan 20 tahun runtuhnya tembok Berlin dan menandai aksi perlawanan sepekan terhadap tembok apartheid yang dibangun di Palestina dan di seluruh dunia,” demikian pernyataan aktivis Stop The Wall.

Menurut pemerintah penjajahan Israel, tembok-tembok baja dan beton yang mereka bangun diperlukan untuk keamanan. Hingga saat ini Israel telah membangun pagar pembatas sepanjang  413 kilometer, dari 709 kilometer yang direncanakan. Demikian catatan PBB menyebutkan.

Pengadilan Internasional (ICJ) pada tahun 2004 pernah mengeluarkan sebuah resolusi tidak mengikat agar tembok dan pagar pembatas yang ada di Tepi Barat diruntuhkan, dan pembangunannya dihentikan.

Sementara itu Otoritas Palestina Senin, memperingatkan bahwa peristiwa tersebut akan bisa membuat kawasan itu bergejolak lagi, jika AS gagal membujuk Israel menghentikan pembangunan pemukiman, sebagai bagian dari perjanjian damai.

“Jika Amerika tetap tidak bisa melakukan perannya, maka akan ada efek yang merusak yang menjadi tanggung jawab Israel dan AS,” kata jurubicara kepresidenan Abil Abu Rudeina kepada AFP. [di/pn/www.hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom

Editor: Administrator

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik:

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !