Selasa, 25 Januari 2022 / 21 Jumadil Akhir 1443 H

Nasional

Gempa M 6,7 Banten, Jakarta Goyang, Begini Cerita Warganet Rasakan Getaran

BPBD Kab. Pandeglan
Rumah warga rusak kena gempabumi M 6,7 di Banten, Jumat (14/01/2022).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Warganet menceritakan detik-detik saat merasakan getaran akibat gempa bumi magnitudo 6,7 yang mengguncang wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat (14/01/2022) pukul 16.05 WIB. Selain di Banten, warga DKI Jakarta dan sekitarnya juga merasakan getaran akibat gempa tersebut.

Karyawan kantor Majalah Suara Hidayatullah (Sahid) – Hidayatullah.com di Jl Cipinang Cempedak 1/14, Jakarta Timur, turut merasakan getaran tersebut.

“Kantor Sahid di Jakarta bergoyang,” ujar Farid, salah seorang staf media tersebut kepada hidayatullah.com.

“Innalillah… Gempa cukup besar dan lama,” ujar Bambang, warga Jabodetabek lainnya, Jumat sore.

Karyawan di sejumlah perkantoran Jakarta Pusat, misalnya, berhamburan keluar dari gedung saat gempa terjadi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis pusat gempabumi itu berada di 7.01 LS dan 105.26 BT pada kedalaman 40 kilometer.

Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, gempabumi itu dirasakan kuat selama 4-5 detik di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang. Warga sempat berhamburan keluar rumah saat merasakan kuatnya guncangan.

Sementara itu, laporan visual yang dihimpun dari lapangan, beberapa rumah warga di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Munjul Kabupaten Pandeglang, mengalami kerusakan di bagian atap dan teras rumah.

Guncangan gempabumi juga dirasakan hingga wilayah Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya. Beberapa warga maupun pegawai kantor sempat berhamburan keluar gedung untuk menyelamatkan diri saat terjadi gempabumi.

BPBD Kabupaten Cianjur juga melaporkan, guncangan gempabumi itu juga sempat dirasakan di wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya.

BPBD Kabupaten Lampung Barat juga melaporkan hal yang sama, bahwa guncangan gempabumi dirasakan hingga 2-3 detik di wilayah Kabupaten Lampung Barat.

Mantan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengaku, gempa itu dirasakan saat ia sedang shalat.

“Lagi shalat kok berasa sempoyongan. Selesai. Eeeh..tahunya gempa. Semoga semuanya baik-baik saja. Dan terus ingatkan anak-anak kita terkait dengan protokol gempa atau fenomena bencana alam lainnya,” tuturnya lewat Twitternya, Jumat, yang saat kejadian itu ia sedang di kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta.

Pembahasan gempa Banten yang kerasa hingga DKI Jakarta menjadi trending topic nasional di Twitter.

Warganet membagikan foto dan video yang disebut terkait detik-detik saat gempa Banten melanda. Tampak video menayangkan air aquarium yang bergoyang cukup hebat akibat terjadinya getaran. Mereka juga menceritakan pengakuannya saat tiba-tiba merasakan gempa tersebut.

“Kirain pusing karna banyak pikiran taunya gempa,” tulis @andihiyat.

“”BREAKING NEWS”.
Gempa Gede 6,7SR terasa kenceng di Serang Tangerang Bekasi Cikarang dll. Air aquarium dan ikannya spt goyang 2, yg Lagi enak2 kerja pun semua kabur,” tulis @Simpangan2024_.

“Lagi enak2 kerja, eh gempa gede, sampe kursinya goyang. Langsung keluar dan berdoa….,” tutur @saefaz.

“Lagi enak² makan eh kursi goyang², gua kira dah biasa kek gtu ternyata gempa, Emak gua lagi mau minum di kira galon goyang
eh ga lama goyang lagi baru deh lari keluar rumah, emak teriak” istighfar
di luar bocil epep pada lari teriak gempa.,” tutur @iqballeee599.

“Lagi enak² makan dilantai atas langsung lari ke bawahWajah tersenyum dengan air mata,” tutur @BundaChenle.

Warganet juga mengingatkan masyarakat agar segera berdoa meminta pertolongan kepada Allah saat terjadi bencana termasuk gempa.

“Aku abis tambal gigi tadi. Dan pas di dokter ada gempa, kaget banget dan langsung pada lari ke luar,” tutur @amiwonit.

Hingga saat ini, BPBD Kabupaten Pandeglang, BPBD Provinsi DKI Jakarta, BPBD Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Lampung Barat tengah melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait.

“Belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa dan kerugian materiil masih dalam proses pendataan,” ujar Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam siaran pers BNPB, Jumat (14/01/2022) 17.18 WIB.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Trauma Healing oleh GIB untuk Pengungsi Lombok

Trauma Healing oleh GIB untuk Pengungsi Lombok

pegawai KPK, Novel

KPK Sebut Polisi Terus Bekerja Cari Pelaku Penyerangan Novel

Muslim Designer Community (MDC) Gelar Aksi Peduli Gaza

Muslim Designer Community (MDC) Gelar Aksi Peduli Gaza

155 Warga Aceh Terjaring Razia Syariat Islam

155 Warga Aceh Terjaring Razia Syariat Islam

Ketua DPR: Semua Pihak Harus Berjihad Melawan Narkoba

Ketua DPR: Semua Pihak Harus Berjihad Melawan Narkoba

Baca Juga

Berita Lainnya