Kamis, 27 Januari 2022 / 23 Jumadil Akhir 1443 H

Nasional

Fenomena Spirit Doll, Buya Yahya: Dalam Islam Adopsi Boneka untuk Dijadikan Anak Tidak Boleh

Bagikan:

Hidayatullah.com–Tren boneka diadopsi sebagai anak atau spirit doll di kalangan selebritis ramai dan menjadi perhatian masyarakat luas. Pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon, Buya Yahya turut menyumbangkan pendapatnya tentang fenomena tersebut.

Dalam video yang ditayangkan kanal YouTube Al-Bahjah TV, Buya Yahya menegaskan dalam Islam membeli ataupun mengadopsi boneka untuk dijadikan anak tidak diperbolehkan. “Dalam agama Islam urusan boneka bagi orang dewasa tidak ada perbedaan pendapat. Kalau anda beli boneka dalam bentuk manusia untuk orang dewasa itu tidak boleh,” kata Buya Yahya, dalam video yang berjudul ‘Fenomena Maraknya Adopsi Spirit Doll, Berbahayakah?’ seperti dikutip hidayatullah.com, Senin 03 Januari 2022.

“Untuk anak kecil tanpa ada embel-embel spirit doll atau lainnya masih diperbolehkan. Asalkan hanya sekedar boneka biasa,” tambah Buya Yahya.

Kemudian, Buya Yahya menjelaskan bahwa dalam Islam tidak ada keyakinan arwah bayi yang sudah meninggal dunia bisa dimasukkan ke dalam boneka. “Tidak ada istilah arwah anak kecil masuk boneka itu tidak ada. Yang ada itu bangsa jin atau setan yang terkutuk. Adapun bayi-bayi yang meninggal sebelum baligh itu merupakan bayi-bayi yang dimuliakan walaupun dia anak orang yang tidak beriman,”terangnya.

“Itu bukan keyakinan dalam Islam. Mungkin dalam agama lain ada percaya masalah reinkarnasi. Jadi kita tidak boleh mencaci kepercayaan orang tersebut,” tegasnya.

Adapun orang yang punya keyakinan masalah boneka, kata Buya Yahya itu urusan mereka, orang yang di luar agama Islam kami hanya, mohon maaf barangkali yang di luar Islam, punya keyakinan itu, kami tidak menyingung agama Anda, kenyakinan Anda, kami hanya bicara dengan saudara kami, kaum muslimin.

Lebih jauh, Buya Yahya meminta masyarakat yang beragama Islam yang terlanjur mempercayai boneka spirit doll segera bertaubat dan tidak mempercayai hal tersebut lagi.

“Mungkin diantara kita ada yang belum tahu soal hukumnya. Kan Allah maha pengampun wahai hamba Allah. Mudah untuk taubat itu mudah, mungkin ada tetangga atau saudara anda yang sudah dewasa memiliki boneka seperti itu boleh diingatkan secara perlahan,”jelasnya.

Menurut Buya Yahya hal ini terjadi karena ketidaktahuan saja, Ia mengungkap kalau semua orang ingin Insyaallah ingin masuk Surga.

“Permasalahannya adalah ketidaktahuan, Jadi kalau orang tidak tau tidak perlu dicaci, tapi diberitahu, maka kami beritahu saat ini,”ucapnya.

Warganet, turut menuangkan pendapatnya dikolom komentar dalam unggahan video tersebut, seperti Yuni Masri yang mengatakan mending adopsi anak tak mampu orang tuanya atau ke panti asuhan.  “Masya Allah setuju banget dengan jawabannya buya,” ujar Uu Fauzi menimpali.

Sebagaimana kita ketahui bersama, belakangan tren adopsi boneka yang dijadikan anak atau spirit doll, jadi sorotan luas. Selebritis Ivan Gunawan merupakan orang yang mempopulerkan hal ini setelah ia mengenalkan boneka spirit doll atau boneka arwah ke publik.

Setelah Ivan mengumumkan boneka spirit doll ke publik, tak lama, beberapa selebriti lain ternyata juga sudah melakukan hal serupa seperti Nora Alexandra, Lucinta Luna, Sarwendah.

Terakhir, Soimah dan Celine Evangelista baru-baru ini turut mempopulerkan tren tersebut dengan ikutan mengadopsi boneka spirit doll untuk dijadikan anak.*

Rep: Azim Arrasyid
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Ketua DPR Sesalkan Kebijakan Mendagri

Ketua DPR Sesalkan Kebijakan Mendagri

Penolak Perppu Ormas Distigma sebagai Kroni HTI, Persis: Itu Naif

Penolak Perppu Ormas Distigma sebagai Kroni HTI, Persis: Itu Naif

Menag Akan Kirim Mubalig Indonesia ke Thailand Selatan

Menag Akan Kirim Mubalig Indonesia ke Thailand Selatan

Penghilangan “Ayat Tembakau” Adalah Tindakan Preman Jalanan

Penghilangan “Ayat Tembakau” Adalah Tindakan Preman Jalanan

FUI dan FPI Minta Polisi Bisa Jerat KD

FUI dan FPI Minta Polisi Bisa Jerat KD

Baca Juga

Berita Lainnya