Sabtu, 22 Januari 2022 / 18 Jumadil Akhir 1443 H

Nasional

Resmikan Pendirian Sekolah HAM MUI, Ketua MPR: Islam Menjunjung Prinsip Keadilan

ham mui
Bagikan:

Hidayatullah.com — Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo meresmikan pendirian Sekolah Hak Asasi Manusia (HAM) MUI. Dalam sambutannya, Ia mengemukakan bahwa HAM disuarakan oleh ajaran agama Islam.

“Sebagai agama kemanusiaan yang universal, Islam menepatkan martabat kemanusiaan dalam kemuliaan dan menjunjung tinggi prinsip keadilan tanpa pandang bulu. Itu merupakan nilai esensi dari penegakan HAM, ” kata pria yang akrab disapa Bamsoet ini, dikutip dari MUI, Jumat (17/12/2021).

Bamsoet menjelaskan praktek nyata HAM dalam Islam digambarkan pada peristiwa Piagam Madinah. Peristiwa itu menarasikan tentang prinsip egaliter yang menjunjung tinggi prinsip keadilan di tengah masyarakat yang majemuk.

Bamsoet berharap, MUI sebagai organisasi yang berperan atas maju mundurnya kehidupan berbangsa terutama dalam hal kerukunan beragama, bisa berperan lebih dalam bidang HAM. Sehingga nantinya ada perbaikan akhlak bangsa dan pemberdayaan umat Islam.

Lebih jauh, Dia menegaskan bahwa kebebasan HAM dijamin oleh negara melalui TAP MPR Nomor 17 Tahun 1998. Peraturan itu yang kemudian membidani lahirnya UU No 9 Tahun 1999 tentang HAM.

HAM kata eks Ketua DPR ini, didasarkan pada prinsip fundamental bahwa semua manusia memiliki martabat yang melekat tanpa memandang jenis kelamin, ras, warna kulit, bahasa, asal usul bangsa, umur, kelas, keyakinan politik dan agama.

Diakhir sambutannya, Bamsoet mengatakan bahwa ia mengapresisi MUI dalam webinar dan pendirian sekolah HAM. Dia juga menyambut baik penandatangan MoU antara MPR dengan MUI dalam 4 pilat MPR RI.

“MPR mengapresiasi webinar dan pendirian sekolah HAM oleh MUI. Kita semua berharap ini akan semakin menguatkan komitmen kebangsaan kita khususnya untuk menghadirkan nilai-nilai HAM dalam realitas kehidupan kebangsaan kita, ” pungkasnya.*

Rep: Azim Arrasyid
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Cerita Tokoh PKS Ditunjuk Pimpin Doa Depan Jenazah Gus Solah

Cerita Tokoh PKS Ditunjuk Pimpin Doa Depan Jenazah Gus Solah

kuasa hukum farid okbah

Demo Tolak UU Cipta Kerja, Komnas HAM Minta Polri Hormati Hak Berpendapat

Di Sidang MK, Caleg PBB Ungkap Pelatihan Saksi TKN Ajarkan Kecurangan

Di Sidang MK, Caleg PBB Ungkap Pelatihan Saksi TKN Ajarkan Kecurangan

Politisi NasDem Gembong Narkoba Dinilai Layak Dihukum Mati

Politisi NasDem Gembong Narkoba Dinilai Layak Dihukum Mati

Megawati Resmikan Pembangunan Suramadu

Megawati Resmikan Pembangunan Suramadu

Baca Juga

Berita Lainnya