Kamis, 27 Januari 2022 / 23 Jumadil Akhir 1443 H

Nasional

Kongres Ekonomi Umat II MUI Cetuskan 9 Resolusi Jihad Ekonomi

istimewa
Resolusi Jihad Ekonomi Umat dilahirkan dari Kongres Ekonomi Umat II Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang resmi ditutup di Hotel Sultan, Jakarta, Ahad (12/12/2021).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Kongres Ekonomi Umat II Majelis Ulama Indonesia (MUI) resmi ditutup dengan melahirkan Resolusi Jihad Ekonomi Umat. Dalam resolusi tersebut, lahir sembilan gagasan yaitu gerakan produksi dan belanja produk nasional, menjadikan Indonesia sebagai pusat halal dunia, dan optimalisasi Ziswaf untuk menggerakan ekonomi umat.

“Selain itu, KEU II menyepakati membentuk lembaga penjamin nasional syariah untuk usaha ultra mikro yang mudah, murah, dan aman. KEU II menyepakati mempercepat terciptanya modal bisnis unggulan daerah yang dijalankan secara profesional, memperkuat kemitraan antara UMKM dengan BUMN/BUMD dan usaha besar, mendorong dan mengawal terciptanya regulasi sistem ekonomi syariah nasional/daerah,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) MUI, Buya Amirsyah Tambunan, saat penutupan KEU II di Hotel Sultan, Jakarta, Ahad (12/12/2021).

Dia menambahkan, KEU II juga menghasilkan kesepakatan untuk mewujudkan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah melalui digitalisasi dan integrasi dana komersial dan dana sosial Islam. KEU II juga mengamanatkan kepada Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU MUI) untuk mengawal hasil Kongres Ekonomi Umat ini.

Buya Amirsyah menambahkan, hasil Kongres Ekonomi Umat II ini melalui perdebatan yang dinamis. Ia merasa bersyukur karena jihad ekonomi lahir dari kongres ini. Dia menjelaskan, salah satu fokus dalam resolusi itu ialah menekankan pentingnya memperkuat ekonomi umat dan bangsa.

“Tentu harus melalui proses baik dalam bidang pembiayaan, perbankan, dan lain-lain, terutama melalui keuangan syariah yang harus terlibat,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua MUI Bidang Pemberdayaan Ekonomi Umat, Lukmanul Hakim menerangkan, hasil Kongres Ekonomi Umat II berupa resolusi jihad ekonomi bertujuan mengarahkan umat agar bersungguh-sungguh dan bertekad kuat menjadi pelaku ekonomi.

“Supaya umat Islam tidak hanya menjadi objek, melainkan menjadi subjek dalam pergerakan ekonomi,” ujar Lukman.

Saat menutup jalannya KEU II MUI secara resmi, Wapres RI, KH Ma’ruf Amin, mengapresiasi hasil kongres berupa Jihad Ekonomi Umat. “Saya mengapresiasi jihad ekonomi yang dilakukan MUI salah satunya melalui penyelenggaraan Kongres Ekonomi Umat II ini, ” ujarnya saat menutup KEU II.

MUI dalam keterangannya menjelaskan, Kongres Ekonomi Umat II yang digelar MUI (10-12/12/2021) ini mengusung tema “Arus Baru Penguatan Ekonomi Indonesia”. Menurut Kiai Ma’ruf, tema yang diusung sangat penting dibahas untuk menemukan langkah strategis ekonomi Indonesia di masa depan.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Ekonom: Ada Ketidakadilan Pemerintah Terhadap Rakyat Papua

Ekonom: Ada Ketidakadilan Pemerintah Terhadap Rakyat Papua

Menag: Qari Bima Juara MTQ Internasional Harumkan Indonesia

Menag: Qari Bima Juara MTQ Internasional Harumkan Indonesia

Djan Faridz Menilai Sipir Rutan KPK Lakukan Penistaan Agama

Djan Faridz Menilai Sipir Rutan KPK Lakukan Penistaan Agama

Setiap Hari 500 Orang Meninggal di Indonesia Akibat Konsumsi Rokok

Setiap Hari 500 Orang Meninggal di Indonesia Akibat Konsumsi Rokok

Prospek Demokrasi Pasca Pilpres Masih Buram

Prospek Demokrasi Pasca Pilpres Masih Buram

Baca Juga

Berita Lainnya