Senin, 24 Januari 2022 / 20 Jumadil Akhir 1443 H

Nasional

BMH-SAR Hidayatullah Bantu Bersihkan Rumah Warga Terdampak Erupsi Semeru

Fida a/hidayatullah.com
Tim Relawan BMH-SAR Hidayatullah membantu membersihkan rumah-rumah warga di Dusun Bon Tegalan, Supiturang, Pronojiwo, Lumajang, Sabtu (11/12/2021).
Bagikan:

Hidayatullah.comBaitul Maal Hidayatullah (BMH) dan SAR Hidayatullah membantu membersihkan rumah-rumah warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (04/12/2021). Tim Relawan BMH-SAR Hidayatullah pada Sabtu (11/12/2021) membantu membersihkan rumah-rumah warga di Dusun Bon Tegalan, Supiturang, Pronojiwo, Lumajang.

Tim Relawan membantu mencangkul sisa muntahan erupsi di rumah warga dan menyingkirkan puing-puing. Selain bantuan logistik, warga terdampak juga amat membutuhkan bantuan tenaga. Terutama untuk membersihkan rumah mereka dari dampak muntahan erupsi agar kembali layak ditempati.

“Alhamdulillah, hari ini kami membersihkan empat rumah warga terdampak,” ujar Waliyuddin, Koordinator Lapangan untuk Posko BMH-SAR Hidayatullah di Pronojiwo.

Tim BMH-SAR Hidayatullah telah melaksanakan kegiatan tersebut sejak Kamis (09/12/2021). Evakuasi korban tertimbun sendiri belum dilaksanakan di wilayah terdampak yang berlokasi di Pronojiwo hingga saat ini.

Sebelumnya, Tim BMH-SAR Hidayatullah juga membersihkan rumah warga terdampak erupsi di Dusun Sumbersari, wilayah terdampak yang dinyatakan belum boleh ditinggali. Di antaranya, adalah milik Novi Irawan, warga Sumbersari dan juga korban erupsi.

“Hari ini saya mau menyelematkan barang yang tersisa sekaligus bersih-bersih. Alhamdulillah, ada relawan yang membantu,” ujar Irawan yang kini mengungsi di posko di Supiturang, Jumat.

Evakuasi korban tewas di wilayah Pronojiwo, termasuk Sumbersari dan Bon Tegalan, hingga Sabtu (11/12/2021), belum dilakukan. Pemerintah melarang warga dan relawan untuk memasuki wilayah tertentu yang dianggap masih berbahaya.

Untuk saat ini, relawan yang tersedia difokuskan untuk membantu warga membersihkan bangunan terdampak, distribusi logistik, dan mengadakan program trauma healing. BNPB sendiri mencatat di Pronojiwo terdapat 9 titik dengan jumlah 382 jiwa warga yang terdampak.

Selain di Pronojiwo, Tim BMH – SAR Hidayatullah juga mendirikan posko bersama di Penanggal, Candipuro, Lumajang.*

Baca>>> Rajin Tahajud, Ngaji, dan Taklim, Pasangan Lansia Selamat dari Erupsi Semeru

  • Liputan ini atas dukungan pembaca hidayatullah.com melalui Donasi Dakwah Media, melalui rek BCA No.00000-000 an yys Baitul Maal Hidayatullah

Rep: Fida A.
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

MUI: Pemberdayaan Zakat Tak Harus Bersifat Komsumtif

MUI: Pemberdayaan Zakat Tak Harus Bersifat Komsumtif

Din: Politik Identitas Keislaman Sah-sah Saja

Din: Politik Identitas Keislaman Sah-sah Saja

Komnas Ham Segera Umumkan Investigasi Terhadap Densus

Komnas Ham Segera Umumkan Investigasi Terhadap Densus

KPAI Minta SKB 4 Menteri yang Mengatur PTM 100 Persen Ditinjau Ulang

KPAI Minta SKB 4 Menteri yang Mengatur PTM 100 Persen Ditinjau Ulang

JK Jamu Makan Malam Syeikh Al Azhar

JK Jamu Makan Malam Syeikh Al Azhar

Baca Juga

Berita Lainnya