Rabu, 1 Desember 2021 / 25 Rabiul Akhir 1443 H

Nasional

Hasil Polling Netizen, 89% Responden Tak Setuju MUI Bubar

polling mui
Bagikan:

Hidayatullah.com—Sebuah polling yang diluncurkan di PollingKita.com menunjukkan hasil 89 % responden, dari kalangan netizen, tak setuju Majelis Ulama Indonesia (MUI) dibubarkan.

Polling yang bertajuk “Setujukah MUI Dibubarkan?” itu diluncurkan sejak Kamis (18/11/2021) dan telah diikuti oleh sekitar 102.260 responden dari kalangan netizen. Pantauan oleh Hidayatullah.com, hingga Rabu (24/11/2021), hasil menunjukkan 89,2% orang yang menolak MUI dibubarkan dan 10,8% yang mendukung.

Dukungan terhadap MUI ramai karena sebelumnya muncul tagar #BubarkanMUI setelah salah seorang anggota Komisi Fatwa MUI yang telah dinon-aktifkan, Zain An-Najah, ditangkap oleh Densus 88 terkait tuduhan terorisme.

Netizen banyak mengungkap dukungan terhadap MUI di berbagai platform media sosial. Akun dengan nama Achmad Priatna berkomentar dalam laman PollingKita.com: “Kalau MUI dibubarkan karena sebut saja satu oknum, bagaimana dengan oknum polisi, Jaksa, TNI, Oknum parpol dlsb. Biar adil mah, bubarkan juga semua tuh. Waras ora son? (Teruntuk, yg setuju MUI dibubarkan),” ungkapnya.

Sementara akun dengan nama Mufliha Lina mengungkap bahwa MUI adalah rujukan umat Islam Indonesia, tak selayaknya dibubarkan. “MUI itu rujukan Umat Islam Indonesia.. masalah bangsa Masih banyak, bukannya solutif malah bikin masalah baru.. rumit..mumet..konslet..”

Selain dari masyarakat, banyak tokoh publik juga menyuarakan dukungan terhadap MUI. Di antaranya termasuk Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin.

“Akhir-akhir ini itu banyak atau ada sekelompok yang menginginkan supaya MUI itu dibubarkan. Seperti banyak jawaban yang diberikan oleh para tokoh masyarakat, pimpinan ormas, pimpinan negara, tuntutan itu memang sangat tidak rasional. Saya sependapat itu dengan pendapat para tokoh itu,” ujar Ma’ruf, Selasa (23/11/2021), dilansir oleh laman MUI.or.id.

Ma’ruf yang juga merupakan Ketua Dewan Pertimbangan MUI ini mengatakan MUI merupakan representasi lebih dari 60 organisasi islam dan beberapa tokoh cendekiawan. Selain sebagai pelayan masyarakat, MUI disebut sebagai mitra pemerintah.

Sementara, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI), Buya Amirsyah Tambunan mengapresiasi dukungan konsisten masyarakat terhadap MUI. Dia mengungkap dukungan itu membuktikan bahwa masih banyak pihak yang nalarnya masih berjalan baik.

‘’Nalar dan akal yang waras dari masyarakat terus mengalir memberikan dukungan dan kepedulian kepada MUI dan bangsa secara keseluruhan. Saya menghargai dukungan kepada MUI, ” tuturnya, Jumat (19/11/2021)

Rep: Fida A.
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Aceh Harus Dibangun dengan Wajah Islam

Aceh Harus Dibangun dengan Wajah Islam

Aceh Jadi Pelopor Program Eco-Pesantren

Aceh Jadi Pelopor Program Eco-Pesantren

Yusril: Alfian Tanjung Mestinya Dibebaskan oleh Pengadilan

Yusril: Alfian Tanjung Mestinya Dibebaskan oleh Pengadilan

Tsunami, 20 Orang Meninggal, 165 Luka-luka, Korban Bisa Bertambah

Tsunami, 20 Orang Meninggal, 165 Luka-luka, Korban Bisa Bertambah

FUI Sulsel Desak Metro TV Minta Maaf  Seminggu Berturut-turut

FUI Sulsel Desak Metro TV Minta Maaf Seminggu Berturut-turut

Baca Juga

Berita Lainnya