Ahad, 5 Desember 2021 / 29 Rabiul Akhir 1443 H

Nasional

KH Miftachul Akhyar Pastikan di MUI Semua Berjalan Normal

istimewa
Ketua Umum MUI KH Miftachul Akhyar dalam acara Pengukuhan dan Taaruf Dewan Pimpinan MUI Periode 2020-2025 di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Kamis (24/12/2020).
Bagikan:

Hidayatullah.com- Ketua Umum MUI, KH Miftachul Akhyar memastikan tidak ada guncangan apapun di internal MUI. Hal demikian ia sampaikan saat bertemu Mahfud MD di Kantor Menko Polhukam, Senin (22/11/2021).

“Secara umum, di internal MUI tidak ada guncangan dan semua berjalan normal,” kata kiai Miftach, mengutip siaran persnya di Jakarta, Selasa (23/11/2021).

Kiai Mif, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa kejadian terkait MUI belakangan ini membuat lembaganya melakukan muhasabah atau intropeksi, dan mawas diri untuk lebih berhati-hati. Muhasabah dilakukan MUI demi menjaga marwah majelis para ulama yang merupakan bagian daripada anak bangsa Indonesia.

Kiai Mif menuturkan, sejauh ini kerja sama MUI dengan pemerintah masih berjalan dengan sangat baik. “Sampai sekarang bukti kami hadir di sini meski sama-sama mendadak. Kami hadir ini adalah bentuk kerja sama yang terpelihara dengan baik,” ujarnya menekankan, dalam pertemuan MUI bersama Menko Polhukam.

Dalam jumpa pers Kiai Mif menegaskan, MUI menentang dan mengharamkan segala bentuk tindakan terorisme. Sikap itu tertuang dalam keputusan Fatwa Nomor 3 Tahun 2004. Dalam fatwa tersebut terang dijelaskan bahwa tindakan terorisme hukumnya adalah haram.

Kiai Mif menambahkan, keputusan MUI sejak lama sudah sangat jelas dan tegas untuk menolak terorisme. “Terorisme haram hukumnya, bom bunuh diri itu juga haram hukumnya. Jadi kalau mereka menganggap itu mati syahid, surga, justru sebetulnya itu bukan mati syahid,” ungkapnya.

Menurutnya, MUI sebagai cerminan dari gerak para ulama seharusnya bersama-sama untuk membangun negara ini menjadi tentram dan sejahtera. “MUI adalah cerminan dari gerak ulama yang seharusnya bergerak bersama-sama membangun, menjadikan negara kita tenteram, sejahtera. Sehingga apa yang menjadi kebijakan berjalan lancar dan baik dirasakan umat seluruhnya,” tambahnya.

Anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) berinisial AZ saat ini sudah dinonaktifkan setelah ia ditangkap oleh Densus 88 beberapa waktu lalu atas dugaan terkait terorisme.*

Rep: Azim Arrasyid
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Berhati-hatilah terhadap Teman Perempuan di Facebook

Berhati-hatilah terhadap Teman Perempuan di Facebook

Menag Yaqut Hadiri Konferensi Antaragama G20, Janji Jaga Perdamaian Dunia

Menag Yaqut Hadiri Konferensi Antaragama G20, Janji Jaga Perdamaian Dunia

“Jika Dolly Tidak Ditutup, Kami yang Akan Nutup”

“Jika Dolly Tidak Ditutup, Kami yang Akan Nutup”

Kominfo: “Segera Laporkan Penipu di Internet”

Kominfo: “Segera Laporkan Penipu di Internet”

Mubes untuk Kerukunan Bangsa akan Diikuti 450 Pemuka Agama

Mubes untuk Kerukunan Bangsa akan Diikuti 450 Pemuka Agama

Baca Juga

Berita Lainnya