Kamis, 9 Desember 2021 / 4 Jumadil Awwal 1443 H

Nasional

Temui Gubernur Makkah, Menag Ungkapkan Kesiapan Indonesia Kirim Jamaah Umrah

jamaah umrah indonesia
Bagikan:

Kepada Gubernur Makkah , Menag Yaqut mengungkapkan perkembangan terbaru penanganan Covid-19 dan persiapan Indonesia dalam memberangkatkan jamaah umrah.

Hidayatullah.com — Menteri Agama (Menag) Indonesia bertemu Gubernur Makkah di Kantor Gubernur pada Ahad (21/11/2021). Pertemuan itu bagian dari kunjungan Menag ke Arab Saudi atas undangan Kementerian Urusan Islam Saudi.

Kepada Gubernur Khalid bin Faisal, Menag Yaqut mengungkapkan perkembangan terbaru penanganan Covid-19 Indonesia. Selain itu, disampaikan juga bagaimana persiapan Indonesia dalam memberangkatkan jamaah umrah.

“Saya hari ini bertemu Gubernur Makkah, Khalid bin Faisal. Saya menyampaikan informasi bahwa penanganan Covid-19 di Indonesia secara umum sudah dapat terkendali,” ujarnya setelah pertemuan tersebut.

Kemenag, lanjut Menag, terus berupaya mengedukasi calon jamaah haji dan umrah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Sedangkan vaksinasi telah menjadi syarat wajib bagi para calon jamaah haji dan umrah, katanya.

Gubernur Makkah, Khalid bin Faisal Al Sa’ud menyambut baik kunjungan Menag Yaqut Cholil Qoumas. Gubernur Makkah menyampaikan komitmennya untuk memberikan pelayanan pada jemaah umrah dan haji Indonesia. Namun demikian, Gubernur Makkah kembali menekankan pentingnya kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sebab, penyelenggaraan umrah 1443 H dan juga haji, diselenggarakan masih dalam suasana pandemi.

Dalam kesempatan tersebut Menag juga memuji penyebaran prinsip-prinsip Islam yang moderat yang terus dilakukan Pemerintah Saudi.

“Justru kami belajar dari Indonesia tentang moderasi beragama,” timpal Gubernur Makkah Khalid bin Faisal.

Menag Berangkat ke Arab Saudi Bahas Masalah Haji dan Kerjasama Pengembangan Islam

Terakhir, Menag Yaqut berharap agar Pemerintah Arab Saudi segera membuka kembali ibadah umrah bagi umat Islam Indonesia.

“Untuk mengobati kerinduan umat Islam di Indonesia, saya juga menyampaikan harapan untuk segera dibukanya kembali penyelenggaraan umrah 1443 H. Indonesia siap menjalankan ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah Saudi Arabia,” tutup Menag.

Gubernur Makkah, Khalid bin Faisal Al Sa’ud menyambut baik kunjungan Menag Republik Indonesia. Beliau menyampaikan komitmennya untuk memberikan pelayanan pada jamaah umrah dan haji Indonesia.

Namun demikian, ia menekankan pentingnya kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sebab, penyelenggaraan umrah 1443 H dan juga haji, diselenggarakan masih dalam suasana pandemi.

Diketahui, Menag Yaqut Cholil Qoumas berangkat ke tanah suci Mekkah, Saudi Arabia, pada Jumat, (19/11/2021) untuk memenuhi undangan Kementerian Urusan Islam Saudi, guna membahas kerja sama kedua belah pihak.

Konjen RI di Jeddah mengungkapkan Menag juga dijadwalkan akan bertemu dengan menteri urusan haji dan umrah Arab Saudi.*

Rep: Nashirul Haq
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Tindakan Israel Picu Situasi Makin Memburuk di Al Aqsha

Tindakan Israel Picu Situasi Makin Memburuk di Al Aqsha

Qari DKI Jakarta Wakili Indonesia ke MTQ Internasional

Qari DKI Jakarta Wakili Indonesia ke MTQ Internasional

Erupsi Gunung Agung, Penerbangan Dibatalkan, Rombongan Dai Naik Bus Silaturahim ke NTB

Erupsi Gunung Agung, Penerbangan Dibatalkan, Rombongan Dai Naik Bus Silaturahim ke NTB

Anggota DPD RI: Penistaan Agama Memang Rentan Merusak Indonesia

Anggota DPD RI: Penistaan Agama Memang Rentan Merusak Indonesia

Peringati Mosi Integral M Natsir, Jimly Usul “Hari NKRI”

Peringati Mosi Integral M Natsir, Jimly Usul “Hari NKRI”

Baca Juga

Berita Lainnya