Selasa, 7 Desember 2021 / 2 Jumadil Awwal 1443 H

Nasional

Munas IKADI 2021 Rencananya Dibuka Wapres dan Ditutup Menag

Bagikan:

Hidayatullah.com– Ikatan Dai Indonesia (IKADI) akan menggelar perhelatan Musyawarah Nasional (Munas) 2021 dengan tema “Mengokohkan Dakwah Islam Rahmatan Lil’alamin dalam Bingkai NKRI ”. Menurut IKADI, agenda penting Munas IKADI 2021 ini adalah sebagai ruang evaluasi pelaksanaan program dan konsolidasi organisasi secara nasional dalam kurun lima tahunan.

Termasuk di dalamnya, sosialisasi perubahan AD dan ART, pemilihan Ketua Umum IKADI Masa Bakti 2021 – 2026 dan Badan Pengurus Harian, pelantikan anggota Dewan Syuro, serta perancangan dan penetapan rencana strategis kerja-kerja dakwah IKADI ke depan.

Munas IKADI 2021 akan diselenggarkan selama 3 hari yaitu Jumat, Sabtu, dan Ahad (10-12/11/2201) di Kota Depok, Jawa Barat. Di tengah pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya tuntas, Munas IKADI 2021 akan dilenggarakan dengan sistem luring dan daring.

“Untuk Pengurus IKADI wilayah pulau Jawa akan hadir sebagai peserta luring (offline) dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, sedang untuk Pengurus IKADI Wilayah Luar Pulau Jawa akan mengikuti acara Munas secara daring (online) dengan total peserta sebanyak 550 orang terdiri dari 34 perwakilan Pengurus Wilayah dan 352 perwakilan Pengurus Daerah Kabupaten/Kota seluruh Indonesia,” bunyi keterangan resmi IKADI di Jakarta pada Jumat (12/11/2021).

Munas IKADI 2021 rencananya dibuka oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin dan ditutup oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, di samping akan dihadiri oleh tokoh nasional dan Wali Kota Depok.

IKADI menyebutkan di antara agenda penting lainnya pada Munas ikadi 2021 ini, adalah pemilihan Ketua Umum Ikadi priode 2021 – 2026.

“Sesuai AD/ART IKADI bahwa pemilihan Ketua Umum IKADI dilakukan oleh Anggota Dewan Syuro IKADI yang berjumlah 20 orang yang merupakan perwakilan dari seluruh pengurus wilayah IKADI. Sedang pemilihan Anggota Dewan Syuro periode 2021-2026 sudah berlangsung beberapa waktu lalu, baik penjaringan maupun sampai dengan penetapan,” sebutnya.

Selain itu, Munas juga akan membahas isu-isu penting keummatan dan kebangsaan, kaderisasi dan standardisasi dai IKADI, paham-paham penyesetan dan penyelewengan agama, serta dekadensi moral melalui kegiatan dakwah Islam yang moderat dan rahmatan lil’alamin demi persatuan dan keutuhan NKRI.

Pada rangkaian kegiatan Munas IKADI 2021 juga digelar acara pra-Munas berupa event-event online dan offline, seperti Lomba Dakwah Digital Nasional (LDDN) IKADI 2021.

“Yaitu lomba ceramah singkat 3-5 menit yang diikuti oleh lebih dari 1.000 peserta dari seluruh wilayah Indonesia, yang diselenggarakan sejak tanggal 1-30 November, untuk memperebutkan hadiah total puluhan juta rupiah dan pemenangnya akan diumumkan pada saat pelaksanaan Munas,” sebutnya.

Selain lomba, juga digelar Webinar Internasional IKADI 2021 dengan pembicara dari Malaysia dan Amerika; Webinar Nasional IKADI 2021 dengan pembicara Kapolri dan Panglima TNI, juga dari perwakilan ormas seperti Ketua PBNU dan Muhammadiyah; serta tabligh akbar di seluruh wilayah IKADI seluruh Indonesia.

“Semoga Allah Subhanahu Wata’ala mudahkan seluruh agenda pelaksanaan Munas IKADI 2021 dan menghasilkan program-program dan kegiatan yang bermanfaat untuk kemajuan umat dan bangsa Indonesia menuju Baldatun Thayyibatun Warobbu Ghofur,” pungkas IKADI.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

MoU dengan China Para Menteri Ekonomi Ramai-Ramai Tutup Mulut

MoU dengan China Para Menteri Ekonomi Ramai-Ramai Tutup Mulut

Disomasi, Dr Fidiansjah Doakan Kebaikan untuk LBH dan Penderita LGBT

Disomasi, Dr Fidiansjah Doakan Kebaikan untuk LBH dan Penderita LGBT

KAMMI: Tolak Presiden Quick Count!

KAMMI: Tolak Presiden Quick Count!

Wakil Ketua DPRD DKI Kawal Kampung Luar Batang Agar Tak Digusur

Wakil Ketua DPRD DKI Kawal Kampung Luar Batang Agar Tak Digusur

Pembangunan Masjidnya Dirusak, Distigma Wahabi, Warga Muhammadiyah Terus Lawan Intoleransi

Pembangunan Masjidnya Dirusak, Distigma Wahabi, Warga Muhammadiyah Terus Lawan Intoleransi

Baca Juga

Berita Lainnya