Kamis, 2 Desember 2021 / 26 Rabiul Akhir 1443 H

Nasional

Mayoritas Publik Dukung Jokowi Lakukan Reshuffle

Kris/Biro Pers Setpres
Presiden Jokowi menggelara rapat terbatas bersama para menterinya, membicarakan perkembangan pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) digelar di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (18/01/2018).
Bagikan:

Hidayatullah.com — Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan mayoritas publik mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle atau perombakan kabinet. Hal ini menjadi salah satu temuan survei Poltracking Indonesia.

“Terkait kinerja kabinet, terdapat 59,3 persen publik yang menyatakan persetujuannya, gabungan antara sangat setuju dan setuju, untuk dilakukan penggantian menteri di Kabinet Indonesia Maju,” kata Hanta Yuda dalam pemaparan survei di Jakarta, Senin (25/10/2021).

Secara terperinci, 10,5 persen menyatakan sangat setuju dengan reshuffle, dan 48,8 persen menyatakan setuju. Responden yang menyatakan tidak setuju sebanyak 28,1 persen dan sangat tidak setuju sebanyak 4,7 persen. Tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 7,9 persen.

Mayoritas publik atau 67,4 persen responden survei Poltracking Indonesia mengaku puas dengan kinerja Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. “Tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin adalah 67,4 persen,” terang Hanta.

Tingkat kepuasan publik adalah indikator paling relevan untuk menilai kinerja pemerintahan. Penilaian kepuasan publik ini memiliki konsekuensi serius, terutama terhadap kementerian yang disorot publik.

“Puas tidaknya publik mengindikasikan perlu tidaknya penggantian atau reshuffle secara umum. Hal ini dapat dilihat dari tingkat kepuasan kinerja pada setiap bidang pemerintahan,” imbuhnya.

Adapun, Poltracking Indonesia menyelenggarakan survei nasional pada 03-10 Oktober 2021 dengan menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah sampel 1.220 responden dengan margin of error plus minus 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%.*

Rep: Azim Arrasyid
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Gerakan Sosialpreneur Bisa Jadi Cara Atas Kesenjangan Ekonomi

Gerakan Sosialpreneur Bisa Jadi Cara Atas Kesenjangan Ekonomi

Laskar FPI Tersangka Munarman

Kasus ‘Penculikan’ Aziz Hermawan, Munarman: Densus Lakukan Arbitrary Detention

PKS: Jokowi Bertanggung Jawab Penuh Pimpin Penanganan Covid-19

PKS: Jokowi Bertanggung Jawab Penuh Pimpin Penanganan Covid-19

Ustad Abu Masih Enggan Menghadiri Sidang

Ustad Abu Masih Enggan Menghadiri Sidang

Eks Wakil Panglima TNI Fachrul Razi Jadi Menteri Agama

Eks Wakil Panglima TNI Fachrul Razi Jadi Menteri Agama

Baca Juga

Berita Lainnya