Sabtu, 4 Desember 2021 / 28 Rabiul Akhir 1443 H

Nasional

Yaqut Sebut Kemenag Hadiah untuk NU, Kiai Cholil Nafis: Ojok Ngasorake

Cryptocurrency mui yahya g nasrullah/hidayatullah.com
KH Cholil Nafis, kini Ketua Bidang Dakwah MUI.
Bagikan:

Hidayatullah.com — Pernyataan Yaqut Cholil Qoumas yang menyebut bahwa Kementrian Agama (Kemenag) adalah hadiah negara untuk Nahdatul Ulama (NU), tidaklah benar, KH Cholil Nafis mengatakan jika masing-masing golongan mengkapling kementerian dan lembaga negara maka semangat NKRI dan kebhinekaan akan sirna.

“Ojok ngasorake,” kata Kiai Cholil yang juga Ketua MUI Pusat ini dalam keterangannya, di Twitter miliknya, Ahad (24/10/2021).

Dikatakan kiai Cholil meskipun NU banyak bersentuhan dengan urusan Kemenag tapi tak berarti harus dikuasai oleh NU. “NU itu jam’iyah sedari dulu untuk semua golongan,” tegasnya.

Pengasuh pesantren Cendekia Amanah Depok ini kemudian menyatakan Indonesia merupakan hadiah dari Allah untuk bangsa. Ia mengatakan tokoh agama yang berjasa atas kemerdekaan bangsa tidak hanya dari kalangan NU saja, sebab resolusi jihad yang di gaungkan oleh Kiai Hasyim Asy’ari dulu ditujukan ke semua golongan.

“Indonesia hadiah dari Allah untuk bangsa, dan Kementerian agama itu mengurusi semua agama bahkan kepercayaan. Bukan hadiah buat NU saja,”ujar Dosen UIN Jakarta itu.

“Soal Tokoh-tokoh NU berjasa itu untuk bangsa bukan hanya untuk NU saja. Begitu saat Kiai Hasyim Asy’ari mengeluarkan resolusi jihad untuk semua golongan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Menag Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa organisasi Nahdatul Ulama (NU) merupakan hadiah dari negara, yang bukan untuk umat Islam. “Saya bantah, bukan!” Kementerian Agama itu hadiah negara untuk NU secara khusus, bukan untuk umat Islam secara umum, tapi spesifik untuk NU. Nah, jadi wajar kalau sekarang NU itu memanfaatkan banyak peluang yang ada di Kementerian Agama,” kata Yaqut, saat memperingati Hari Santri 2021, Rabu (20/10/2021) lalu.*

Rep: Azim Arrasyid
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Kuasai Bahasa Dunia, Para Santri Diyakini Bisa Bicara dengan Semut

Kuasai Bahasa Dunia, Para Santri Diyakini Bisa Bicara dengan Semut

ma'ruf amin digitalisasi ekonomi syariah

Buka Ijtima Sanawi DPS MUI, Wapres Dorong Digitalisasi untuk Percepat Pertumbuhan Ekonomi Syariah

Kesaksian Putri Habib Salim dalam Kasus Penganiayaan Jamaah Majelis Az Zikra

Kesaksian Putri Habib Salim dalam Kasus Penganiayaan Jamaah Majelis Az Zikra

UII Protes Tudingan Makar Terhadap Diskusi “Pemecatan Presiden” di UGM

UII Protes Tudingan Makar Terhadap Diskusi “Pemecatan Presiden” di UGM

Tunduk Hukum Negara, FPI Lamongan Dibekukan

Tunduk Hukum Negara, FPI Lamongan Dibekukan

Baca Juga

Berita Lainnya