Selasa, 30 November 2021 / 24 Rabiul Akhir 1443 H

Nasional

DMI Percayakan MUI Bantuan Rp 1 M untuk Pembangunan RSIH Palestina

RSIH Palestina
Bagikan:

Hidayatullah.com– Dewan Masjid Indonesia (DMI) mempercayakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam penyaluran bantuan Rp 1 miliar untuk Rumah Sakit Indonesia Hebron (RSIH) di Palestina.

Bantuan tersebut diserahkan langsung kepada MUI oleh Ketua Umum DMI Jusuf Kalla didampingi oleh Sekretaris DMI, Imam Addaruquthni.

Jusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan, bantuan ini merupakan amal jariyah yang besar dan berkelanjutan.

“Nilai amal jariyah yang berkelanjutan, yang memberikan manfaat yang besar,” kata mantan Wakil Presiden ini di Aula Buya Hamka, Gedung MUI Pusat, Jakarta (19/10/2021).

Jusuf Kalla menambahkan, bantuan yang diserahkan untuk pembangunan RSIH di Palestina melalui MUI ini merupakan sumbangan dari masyarakat yang sangat penting.

Menurutnya, Indonesia sebagai bagian dari negara G20 sudah waktunya untuk melakukan diplomasi ‘tangan di atas’. Apalagi, rumah sakit yang dibangun nantinya akan dianggap rumah sakit Indonesia, bukan hanya MUI.

JK sapaan akrabnya, menyamakan hal tersebut dengan prestasi yang ditorehkan oleh para atlet Indonesia yang membawa harum di kancah internasional.  “Itu akan mengangkat nama Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, kehadiran rombongan DMI disambut oleh para Pimpinan MUI di antaranya Ketua Umum MUI KH Miftachul Akhyar, Sekertaris Jenderal MUI Buya Amirsyah Tambunan, Bendahara Umum MUI Misbahul Ulum, serta Ketua MUI bidang Pemberdayaan Ekonomi Umat KH Lukmanul Hakim.

Ketua Umum MUI KH Miftachul Akhyar dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada DMI atas bantuan yang diberikan untuk nantinya diserahkan untuk RSIH. Baginya, ini merupakan sebuah amanah.

“(Sekaligus) ini amalan yang luar biasa,” tambahnya dirilis MUI.

Kiai Miftachul juga mengibaratkan masjid semacam parlemen yang anggotanya tidak membedakan ras, kedudukan pangkat, serta status sosial.

Ia juga menceritakan pengalamanya saat berkunjung ke Hebron, Palestina. Menurutnya, situasi di Hebron cukup mencengkam. “Kami sebelum berangkat sudah ada insiden tembak menembak,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal MUI Buya Amirsyah Tambunan mengungkapkan bahwa pembangunan RSIH diinisiasi oleh JK saat masih menjadi Wakil Presiden RI.

“Perhatian beliau sangat intens supaya Indonesia memiliki suatu momentum, untuk membangun sarana prasarana kepada Palestina yang mengalami penderitaan,” ungkapnya.

Untuk pembangunanya RSIH, Buya Amirsyah mengaku terharu dengan banyaknya gerakan dari masyarakat untuk Palestina meskipun masih di tengah pandemi Covid-19.

Hingga saat ini, kata dia, banyak gerakan masyarakat seperti yang dilakukan melalui kitabisa.com, Ustadz Adi Hidayat maupun dari DMI untuk membantu Palestina.

“Saat ini masyarakat terus melakukan gerakan, termasuk di Aceh memberikan donasi,” tuturnya.

Selain itu, Buya Amirsyah menambahkan, komunikasi dan MoU dengan berbagai pihak termasuk Wali Kota Hebron terus dilakukan. Tujuannya, untuk membantu Palestina.

Kata Buya Amirsyah, MUI bersyukur dan berterima kasih atas pemberian donasi Rp 1 Miliar dari DMI untuk nantinya disalurkan kepada Palestina, dan memberikan doa kepada Jusuf Kalla dan KH Miftachul Akhyar.

“Kami bersyukur dan berterima kasih. Semoga Allah memberikan Kesehatan dan keberkahan,” pungkasnya.*

Rep: Muhammad Abdus Syakur
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Mahfud MD: Jangan Takluk pada Koruptor

Mahfud MD: Jangan Takluk pada Koruptor

Ade Armando Enggan Minta Maaf kepada Prof Din, Hanya ke PP Muhammadiyah

Ade Armando Enggan Minta Maaf kepada Prof Din, Hanya ke PP Muhammadiyah

Bosphorus Summit, Indonesia Tawarkan Digital Ekonomi di Turki

Bosphorus Summit, Indonesia Tawarkan Digital Ekonomi di Turki

Rawat Spirit 212, JITU Gelar Bedah Buku “Mengetuk Pintu Langit”

Rawat Spirit 212, JITU Gelar Bedah Buku “Mengetuk Pintu Langit”

Survei: Agama Penting Bagi Kehidupan Masyarakat Indonesia

Survei: Agama Penting Bagi Kehidupan Masyarakat Indonesia

Baca Juga

Berita Lainnya