Kamis, 9 Desember 2021 / 4 Jumadil Awwal 1443 H

Nasional

Gandeng TNI Surya Kencana, IMS Gelar Vaksinasi di Bogor

Bagikan:

Hidayatullah.com — Masih dalam suasana peringatan HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-76, Komando Resort Militer 061/Surya Kencana (Korem 061/SK) menggandeng lembaga kesehatan Islam nasional Hidayatullah, Islamic Medical Service (IMS), untuk melakukan vaksinasi yang direncanakan sebanyak 10.000 dosis vaksin di Bogor dimulai Kamis, 30 Safar 1443 (07/10/2021).

“Alhamdulillah dua hari ini berkerjasama dengan Korem 061/Surya Kencana sekaligus memperingati Dirgahayu TNI kita sukses melakukan vaksinasi sebanyak 2.000 dosis untuk santri dan masyarakat yang ada di lingkungan Rumah Qur’an Hidayatullah Umar bin Khattab,” kata Direktur IMS, Imron Faizin.

Imron pun menyambut baik antusiasme masyarakat melakukan vaksinasi dengan harapan kekebalan populasi atau herd immunity dapat lebih cepat diwujudkan. Dia menjelaskan, herd immunity, yang juga dikenal sebagai ‘kekebalan populasi’, adalah konsep yang digunakan untuk imunisasi, di mana suatu populasi dapat terlindung dari virus tertentu jika suatu ambang cakupan imunisasi tertentu tercapai.

“Kekebalan kelompok tercapai dengan cara melindungi orang dari virus, bukan dengan cara memaparkan orang terhadap virus tersebut,” imbuhnya menjelaskan tentang herd immunity.

Lebih jauh dia menerangkan, dalam konsep kekebalan kelompok, sebagian besar penduduk diimunisasi, sehingga menurunkan jumlah keseluruhan virus yang dapat menyebar ke seluruh populasi. Alhasil, sambung dia, tidak semua orang perlu diimunisasi agar terlindungi. Hal ini membantu memastikan bahwa kelompok-kelompok rentan yang tidak dapat diimunisasi tetap aman.

Kata dia, mencapai kekebalan kelompok dengan vaksin yang aman dan efektif membuat penyakit semakin jarang dan menyelamatkan nyawa.

“Melihat keinginan masyarakat yang begitu besar untuk ikut andil dalam program vaksinasi ini, kita dan Korem 061 Surya Kencana akan menambah 8.000 dosis lagi yang Insya Allah akan dilaksanakan di klinik Kopassus di daerah Bojong Hilir,” katanya.

Imron menambahkan bahwasanya program vaksinasi dengan menjalin simpul sinergi dengan berbagai pihak terkait ini akan dilanjutkan ke daerah-daerah yang ada di Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan daerah daerah lainya yang belum tersentuh program vaksinasi.

Menurut Imron, program vaksinasi adalah satu program pemerintah yang saat ini belum sepenuhnya merata dirasakan oleh masyarakat Indonesia khusunya masyarakat. Melihat kondisi tersebut IMS selaku lembaga sosial kesehatan yang dinaungi oleh ormas Hidayatullah turut andil dalam program mensukseskan kegiatan vaksinasi.* Alamsyah/Jilpi

Rep: Azim Arrasyid
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

pengacara banding habib rizieq

Surati MA, Tim Kuasa Hukum Habib Rizieq Minta Persidangan Dilaksanakan Tatap Muka

AS Akan Kembali Kerjasama dengan Kopassus

AS Akan Kembali Kerjasama dengan Kopassus

Bachtiar Nasir Jelaskan, Kenapa Aksi GNPF Selalu Hari Jumat dan Dimulai dari Masjid

Bachtiar Nasir Jelaskan, Kenapa Aksi GNPF Selalu Hari Jumat dan Dimulai dari Masjid

Rizieq: FPI Tidak Anti Pancasila dan UUD 1945

Rizieq: FPI Tidak Anti Pancasila dan UUD 1945

Kepolisian Diminta Adil Terkait Dewi Handayani

Kepolisian Diminta Adil Terkait Dewi Handayani

Baca Juga

Berita Lainnya