Rabu, 20 Oktober 2021 / 13 Rabiul Awwal 1443 H

Nasional

Viral Raja yang Kerjanya Jaga Masjid: Sambut dan Doakan Jamaah hingga Rapikan Sandal

TikTok @matpecii
Raja (baju putih) bersama Mat Peci di depan Masjid Jami As Sa’adah, Jl Raya Subang-Bandung, Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat.
Bagikan:

Hidayatullah.com- Sungguh mulia terlihat sosok “raja” yang satu ini. Namanya memang Raja, sebagaimana pengakuannya. Dia disebut-sebut sebagai anak seorang kaya raya pemilik masjid besar nan megah  serta resort. Tapi Raja tampak tidak jumawa.

Hari-hari, sebagaimana kabar yang viral belakangan ini, Raja punya profesi yang anti mainstream bagi kebanyakan anak muda. Dia tertangkap kamera bekerja menjaga masjid antara lain dengan menyambut tamu yang datang dan mendoakan tamu yang pulang dari masjid.

Adalah Masjid Jami As Sa’adah yang terletak di Jl Raya Subang-Bandung, Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat. Berdasarkan penelusuran hidayatullah.com   pada Selasa (28/09/2021) malam, masjid tersebut diberi nama Masjid Jami As- Sa’adah yang diambil dari nama pemrakarsanya, yakni almarhumah Hj. Elizabeth Sa’adah.

Adapun Raja, berdasarkan video yang viral, merupakan putra dari pemilik masjid dan resort tersebut. Kabar ini berdasarkan pengakuan Raja yang diungkapkan oleh seorang pegiat media sosial.

Sejumlah tayangan memperlihatkan Raja saat menyambut para jamaah masjid yang datang. Menariknya pula, selain itu Raja juga dengan sigap merapikan sandal dan sepatu jamaah, menempatkan pada posisi yang dianggap tepat.

“Assalamu’alaikum,” seseorang menyapa Raja yang tertangkap kamera sedang merapikan alas-alas kaki jamaah dengan gerakannya yang lincah.

“Waalaikumsalam warahmatullah…,” jawabnya seraya langsung berdiri menyambut seseorang yang menyalaminya.

“Silakan, Pak!” sambung Raja mempersilakan tamu tadi untuk masuk ke masjid melewati arah atau pintu yang telah ditentukan.

Penampilannya sederhana, perilakunya pun menunjukkan kesopanan. Ia menyambut tamu tadi sembari menundukkan setengah badannya, lantas menyimpan telapak tangan kanannya ke dada. Senyum diseliling cekikikan tanda merendah terlukis di wajahnya.

“Benar gak Raja ini adalah anak dari pemilik masjid ini beserta hotel dan resort yang ada di sini?” tanya seorang pria berpeci hitam yang mengaku bernama Mat Peci dalam video itu yang beredar di grup-grup WhatsApp.

“Iya, betul!” jawab Raja yang sebelumnya telah memperkenalkan diri.

“Benar gak?” tanya Mat Peci lagi menegaskan.

“Iya!” jawab Raja seraya menunduk, lalu berkata, “Ini semua titipan, Pak!” sembari senyum-senyum dan cekikikan. Mat Peci merangkul bahu Raja dan menepuk-nepuknya pelan.

“Jadi bener,” kata Mat Peci bahwa Raja adalah anak dari pemilki masjid dan resort tersebut. Tiba-tiba Raja menimpali, “Pelan-pelan, Pak! Pelan-pelan!” seakan tak mau percakapan itu didengar orang lain di dekatnya.

Raja mengakui bahwa pekerjaannya tersebut dilakoninya setiap hari.

“Silakan, Bapak, sandal-sepatunya boleh taruh sini aja. Untuk laki-laki wudhunya di sebelah kanan, shalatnya terpisah,” Raja menyambut para tamu yang berdatangan. Gayanya bak seorang petugas profesional penyambut tamu di hotel atau acara-acara resmi.

Saat melihat ada sandal atau sepatu yang disimpan dalam keadaan dianggap belum rapi, Raja segera bergerak merapikan sandal-sepatu tersebut. Dia melakukan itu setelah memastikan bahwa sang pengguna sandal/sepatu tidak melihatnya.

Belum selesai merapikan sandal milik seorang jamaah, tiba-tiba ada jamaah lain yang menyimpan sandalnya sekenanya alias tidak rapi. Melihat itu, Raja tidak tampak marah atau berteriak-teriak. Tapi dia segera merapikan sandal sebelumnya, lalu bergegas merapikan sandal yang barusan ditempatkan asal-asalan itu. Setelah merapikan sandal ini, Raja bergegas ke sisi lain untuk merapikan alas-alas kaki jamaah yang lain.

Sesekali dia juga menanyakan kepada jamaah yang datang apakah sudah berwudhu atau belum. Jika dijawab “belum”, maka Raja segera mengarahkan jamaah tersebut untuk mengambil wudhu di tempat yang telah ditentukan.

Adek ini ternyata SULTAN kerjaannya menyambut tamu, mendoakan tamu, merapihkan sandal di masjid,” tulisan dalam video yang viral tersebut.

“Di suatu Masjid ada seorang adek, kerjaanya: Datang menyambut tamu, pulang mendoakan!” tulisan lain pada video satunya yang juga viral.

Warganet memuji sosok Raja sang pemuda ramah tersebut.

“Raja ini Raja Asli… Sebener2nya Raja… MaasyaaAllah…
.
.
Mksh Mat Peci, dkk semua. Teruslah menebar kebaikan… Menginspirasi kebaikan… Memberi contoh kebaikan… Sholluu ‘alannabiyy Muhammad,” tulis Instagram @indonesiamengaji.id yang turut mengunggah video viral tersebut.

Sebagaimana diketahui, video tersebut bersumber dari Tik Tok @matpeciii yang disebut pertama kali mengunggahnya.

Pantauan hidayatullah.com, Mat Peci pada Selasa (28/09/2021) mengunggah sebuah video yang menayangkan sosok Raja. “Terkenal di langit, tidak terkenal di bumi,” tulis Mat Peci sebagai keterangan pada salah satu videonya. Mat Peci mendatangi langsung masjid tersebut mungkin untuk memastikan keberadaan sosok Raja “anak Sultan” tersebut.

Untuk diketahui, Masjid Jami As- Sa’adah merupakan salah satu fasilitas ibadah yang terdapat di Resort Lembah Sarimas, Subang. “Selain menyediakan berbagai fasilitas terkait fungsi penginapannya, di dalam kompleks resort juga terdapat sarana pendidikan berupa Kubah Biru Community College yang berdampingan dengan masjid,” dikutip dari Duniamasjid.islamic-center.or.id.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad

Bagikan:

Berita Terkait

PBNU Canangkan Bangun Kios Umat di Seluruh Cabang

PBNU Canangkan Bangun Kios Umat di Seluruh Cabang

Lembaga Yang Seharusnya Mendefinisikan Istilah Radikal adalah MUI

Lembaga Yang Seharusnya Mendefinisikan Istilah Radikal adalah MUI

Imam Masjid Mekah Hadiahi Juara MTQ Ongkos Haji

Imam Masjid Mekah Hadiahi Juara MTQ Ongkos Haji

refly harun, munarman

Refly Harun: Penangkapan Syahganda cs Sengaja Dilakukan untuk Menghambat Laju KAMI

Soal Sukmawati, FAPA: Pelaku Ujaran Kebencian Harus Diproses Hukum

Soal Sukmawati, FAPA: Pelaku Ujaran Kebencian Harus Diproses Hukum

Baca Juga

Berita Lainnya