Selasa, 7 Desember 2021 / 2 Jumadil Awwal 1443 H

Nasional

Berkas Lengkap, Pengadilan akan Segera Gelar Sidang Unlawful Killing 6 Laskar FPI

unlawful killing fpi
Bagikan:

Hidayatullah.com — Sidang dugaan tindak pidana pembunuhan “unlawful killing” anggota Laskar FPI di KM 50 Tol Cikampek akan segera digelar, setelah pelimpahan tersangka dan barang bukti dari Polri diterima oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Dilansir Antara (23/08/2021), hal ini diungkapkan Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung dalam keterangan tertulisnya.

Pada Jumat 25 Juni 2021 lalu, berkas perkara atas kedua tersangka dinyatakan lengkap.

“Jaksa Penuntut Umum segera melimpahkan surat dakwaan dan berkas perkara ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur untuk dapat disidangkan dan mendapatkan kepastian hukum,” kata Leonar Eben Ezer.

Hari ini JPU menerima serah terima tanggung jawab tersangka dan barang bukti dua berkas perkara “unlawful killing” anggota laskar FPI dari Penyidik Bareskrim.

Dua berkas perkara dan tersangka itu masing-masing atas nama Briptu FR dan Ipda MYO yang keduanya Anggota Reserse Polda Metro Jaya.

Dengan pelimpahan itu, kata Leonard, JPU telah mempersiapkan surat dakwaan dan berdasarkan Keputusan Mahkamah Agung tentang Penunjukan Pengadilan Negeri Jakarta Timur untuk memeriksa dan memutus perkara pidana tersebut.

Sebagaimana diketahui 6 Laskar FPI yang mengawal Habib Rizieq Shihab (HRS) meninggal ditembak polisi di Jalan Tol Jakarta- Cikampek Kilometer 50 pada Senin dini hari, 07 Desember 2020 sekitar pukul 00.30 WIB.

Pemerintah kemudian memberi kewenangan kepada Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) untuk melakukan investigasi penyelidikan, untuk menemukan adanya dugaan terjadi unlawful killing.*

Rep: Nashirul Haq
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Ormas Islam Dukung KPK dalam Pemberantasan Korupsi

Ormas Islam Dukung KPK dalam Pemberantasan Korupsi

Fahira Idris RUU miras

Perpres Investasi Miras Dicabut, Fahira Idris: Saatnya Pemerintah dan DPR Fokus ke RUU Miras

Panitia Masjid Istiqlal Bagikan 5.000 Besek Daging Qurban

Panitia Masjid Istiqlal Bagikan 5.000 Besek Daging Qurban

lockdown

Kemenag Minta Pesantren Bentuk Gugus Tugas Covid-19

Berlarutnya Masalah Bangsa Akibat Praktik Ekonomi Ribawi

Berlarutnya Masalah Bangsa Akibat Praktik Ekonomi Ribawi

Baca Juga

Berita Lainnya