Selasa, 30 November 2021 / 25 Rabiul Akhir 1443 H

Nasional

Tiga Mahasiswa Unair Raih Best Paper dalam Kompetisi National Scientific Writing Competition (LKTIN) kategori Innovative Paper

Bagikan:

Hidayatullah.com– Tiga mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali mengharumkan nama baik UNAIR di kancah nasional. Tim Hamasah yang terdiri dari Devina Audrey Subagya, Mokhammad Rizki Alvin Amrulloh, dan Fitri Makrifatul Musdalifah berhasil meraih Best Paper dalam National Scientific Writing Competition (Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional/LKTIN) Temu Ilmiah Nasional (Temilnas) XX kategori Innovative Paper.

Devina Audrey Subagya selaku Ketua Tim Hamasah menuturkan bahwa mereka membuat Karya Tulis Ilmiah Nasional dengan judul “MUSHAP (Muslim Sharia Planner). MUSHAP merupakan platform perencanaan keuangan mahasiswa sebagai upaya peningkatan literasi keuangan syariah yang ramah terhadap mahasiswa tunanetra.

“Ide kami dirancang menggunakan konsep ADDIE yang mana dikembangkan menjadi sebuah inovasi untuk memudahkan para mahasiswa dan umat muslim dalam melakukan perencanaan keuangan dengan berbagai rancangan fitur yang tersedia,” jelasnya.

Model ADDIE merupakan singkatan untuk lima tahap proses pengembangan.

Ialah Analysis (analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implement (Implementasi), dan Evaluate (Evaluasi)

Tim mahasiswa Unair ini berhasil menciptakan suatu platform yang membantu para mahasiswa dan umat muslim dalam melakukan perencanaan keuangan melalui adanya pencatatan keuangan. Selain itu ada juga reminder kewajiban, target alokasi, layanan islami, layanan pembayaran yang terintegrasi, serta terdapat layanan ramah terhadap tunanetra.

“Kami berharap dengan adanya MUSHAP ini dapat membantu para mahasiswa, umat muslim beserta kawan-kawan tunanetra untuk dapat melakukan perencanaan keuangan dengan baik,” harapnya.

Menurut Audrey, sejak awal tim menanamkan mindset yang luar biasa saat mengikuti perlombaan, yaitu meniatkan untuk belajar. Dengan demikian, apapun hasilnya nanti akan  tercipta suatu keikhlasan dan antar anggota tim tidak merasa terbebani.

“Dari situlah juga akan tercipta suatu kerjasama yang baik karena semua anggota tim saling mendukung dan saling percaya,” tuturnya.

Motivasi tim dalam berprestasi yaitu menjadi manusia yang berusaha untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lain, menebar semangat, serta kebaikan di jalan Allah SWT.  Selain itu motivasi tim dalam berprestasi ialah agar dapat membanggakan serta membahagiakan orang tua dan keluarga.

“Kami juga ingin mempersembahkan yang terbaik untuk UKMF AcSES sebagai wadah kami dalam berproses serta untuk almamater tercinta, Universitas Airlangga,” tutupnya.*

Rep: Admin Hidcom
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Kispa Menuntut Pemerintah Konsisten Dukung Palestina

Kispa Menuntut Pemerintah Konsisten Dukung Palestina

Anggota DPR: Kasihan Rakyat Indonesia Dijejali Isu Radikalisme

Anggota DPR: Kasihan Rakyat Indonesia Dijejali Isu Radikalisme

shalat di rumah kemenag nu

MUI Minta Masyarakat Dukung Kebijakan PPKM Darurat

Kemenag – Turki Beri Beasiswa Tahfidz Al-Quran

Kemenag – Turki Beri Beasiswa Tahfidz Al-Quran

Sikapi Kasus Rohingnya, IKAT Aceh Akan Surati SBY

Sikapi Kasus Rohingnya, IKAT Aceh Akan Surati SBY

Baca Juga

Berita Lainnya