Kamis, 2 Desember 2021 / 26 Rabiul Akhir 1443 H

Nasional

BNPT Imbau Masyarakat Bijak Menyikapi Pemberitaan Konflik di Afghanistan

BNPT Afghanistan
Boy Rafli Amar
Bagikan:

Hidayatullah.com — Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar mengimbau seluruh masyarakat untuk bersikap bijak dalam menyikapi pemberitaan terkait konflik di Afghanistan.

“Tentunya kita harus hati-hati dalam menyikapi perkembangan yang terjadi di Afghanistan, yang dilanda konflik berkepanjangan itu. Jangan sampai masyarakat salah bersimpati, karena berdasarkan pemantauan kami ada pihak-pihak tertentu yang berusaha menggalang simpatisan atas isu Taliban. Ini sedang kita cermati,” ujar Komjen Pol Boy Rafli Amar, dalam keterangan pers yang diterima Hidayatullah.com, Jumat (20/08/2021).

Kepala BNPT itu mengingatkan ke masyarakat bahwa apa yang terjadi di Afghanistan merupakan persoalan dalam negeri Afghanistan itu sendiri. Dia menekankan apa yang terjadi di negara tersebut adalah sesuatu yang tidak boleh terjadi di Indonesia.

“Jangan sampai masyarakat terpengaruh masuk ke dalam aksi-aksi yang tidak perlu. Karena kita adalah negara yang memiliki ideologi dan konstitusi yang mewajibkan kita untuk bela negara sendiri, bukan bela negara lain,” ujar mantan Kapolda Papua itu.

Menurut mantan Kepala Divisi Humas Polri ini, Taliban tidak berafiliasi dengan kelompok Islamic State of Iraq and Suriah (ISIS). Namun ia melihat Taliban dalam pergerakannya terjebak dalam perbuatan kekerasan yang dalam terminologi hukum disebut sebagai perbuatan teror.

“Selama berupaya meraih kekuasaan, Taliban melakukan kekerasan. Itu yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia. Taliban jangan dijadikan “role model” bagi anak muda karena bertentangan dengan falsafah dan ideologi kita, Pancasila,” bebernya.

Rep: Azim Arrasyid
Editor: Muhammad

Bagikan:

Berita Terkait

Hayati Nilai Kemenag Memecatnya karena Cadar

Hayati Nilai Kemenag Memecatnya karena Cadar

Irena Handono: Muallaf Membutuhkan Perhatian Lebih

Irena Handono: Muallaf Membutuhkan Perhatian Lebih

Poster Mabes Polri cegah virus corona

Polri: Kejahatan Meningkat, Pembebasan Napi Berpotensi Timbulkan Masalah

Sandi Dorong Santri Jadi Pemain dalam Industri

Sandi Dorong Santri Jadi Pemain dalam Industri

Ulama Gerindra

Sekjen Gerindra: Kami Ingin Selalu Dekat dengan Ulama

Baca Juga

Berita Lainnya