Kamis, 2 Desember 2021 / 26 Rabiul Akhir 1443 H

Nasional

Produktifitas DPR Rendah, Muhammadiyah Minta Tinjau Ulang Sistem Pemilu

Shalat tarawih 2 shift Azim Arrasyid/hidayatullah.com
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti berbicara mengenai RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) kepada wartawan di Jakarta, Senin (15/06/2020).
Bagikan:

Hidayatullah.com—Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti menilai bahwa sistem pemilihan umum (Pemilu) di Indonesia perlu ditinjau ulang. Penilaian tersebut muncul karena dirinya menganggap produktivitas anggota DPR sangat rendah dalam menyusun berbagai undang-undang.

“Menurut saya sistem Pemilu ini yang perlu diubah dan usulan Muhammadiyah itu kan ada dua opsi,” tutur Abdul Mu’ti Hadir dalam Seminar dan Dialog 50 Tahun CSIS Indonesia, Senin (26/7/2021).

“Pertama diubah dengan sistem tertutup, murni sesuai nomor urut, tentu ini jadi masalah tersendiri, tapi yang lebih mungkin adalah proporsional, terbuka, terbatas di mana perolehan suara itu penting tapi nomor urut juga berpengaruh sehingga di sini partai masih bisa memiliki otoritas untuk menominasikan kader-kader yang punya potensi menjadi anggota DPR sesuai dengan keahliannya,” katanya. “Bahkan bisa melakukan promo di komisi mana dia akan duduk termasuk juga dalam konteks ini juga mempromosikan kader-kader partai dari kalangan perempuan,” tambah Mu’ti.

Lebih lanjut, Abdul Mu’ti menilai bahwa akibat sistem Pemilu sekarang, idealisme proporsi 35 persen anggota legislatif juga tidak tercapai disebabkan oleh sistem proporsional terbuka yang tidak menjamin caleg dengan nomor urut 1 akan terpilih secara murni berdasarkan pemilihan suara.

“Tapi kalau pilihannya itu proporsional-terbuka-terbatas, saya kira suara rakyat itu masih bisa diapresiasi karena dia masih bisa pilih orang tapi juga aspirasi partai masih bisa mendapatkan ruang karena nilai urut tidak kemudian sama sekali tidak punya makna,” jelasnya.

“Namun karena kita Alhamdulillah sudah sadar dengan ini dan perlu ada perubahan ya menurut saya kita bisalah mengajak para kawan-kawan di DPR kemudian para pimpinan parpol ini bisa melihat bersama-sama masalah ini sebagai masalah kita bersama dan Indonesia yang telah kita cita-citakan ini bisa lebih baik tentu dengan demokrasi sebagai proses pilihan politik yang paling tepat,” tutupnya.*

Rep: Admin Hidcom
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Kementerian Agama Libanon Sumbang 5.000 Al-Quran

Kementerian Agama Libanon Sumbang 5.000 Al-Quran

Bagi Hasil Deposito Bank Syariah Capai 8 Persen

Bagi Hasil Deposito Bank Syariah Capai 8 Persen

Didatangi Massa Aksi 55, MA Sampaikan Jaminan Ini soal Kasus Ahok

Didatangi Massa Aksi 55, MA Sampaikan Jaminan Ini soal Kasus Ahok

Berukhuwah Sepenuh Hati

Berukhuwah Sepenuh Hati

Suami-Istri Diingatkan Tidak ‘Berselingkuh’ dengan HP

Suami-Istri Diingatkan Tidak ‘Berselingkuh’ dengan HP

Baca Juga

Berita Lainnya