Senin, 27 September 2021 / 20 Safar 1443 H

Nasional

Kemenkes Uji Coba 11 Aplikasi Telemedicine Gratis untuk Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri

telemedicine gratis
telemedicine gratis
Bagikan:

Hidayatullah.com — Kementerian Kesehatan melakukan uji coba layanan medis jarak jauh atau layanan telemedicine gratis yang diperuntukkan bagi pasien Covid-19 isolasi mandiri dengan menggunakan 11 aplikasi telemedicine.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, mengatakan layanan itu mulai dilakukan uji coba di DKI Jakarta, Selasa(06/07/2021).

Telemedicine adalah praktik medis yang dilakukan dengan menggunakan telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak jauh.

Layanan telemedicine ini memiliki fasilitas konsultasi dokter hingga pengiriman obat. Budi menjelaskan layanan itu digelar gratis, dan ditujukan bagi pasien terpapar virus Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala di rumahnya masing-masing.

Kategori pasien Covid-19 yang isoman di rumah, dijelaskan Budi ialah yang tidak sesak napas, saturasi oksigen di atas 95 persen, dan tidak memiliki penyakit penyerta alias komorbid yang berbahaya.

Teknisnya, pemerintah sejauh ini memiliki 742 laboratorium PCR yang tersebar di Indonesia. Ratusan laboratorium itu saat ini sudah terintegrasi secara sistem dengan 11 telemedicine tersebut. Sehingga apabila hasil PCR warga di 742 laboratorium itu positif, maka mereka akan mendapatkan layanan telemedicine secara gratis.

Berikut 11 aplikasi telemedicine gratis yang disediakan Kemenkes untuk menangani pasien Covid-19 dengan gejala ringan.

1. YesDok

YesDok merupakan platform telemedicine yang menghubungkan pasien dengan dokter untuk konsultasi medis. Namun sebelum terhubung langsung dengan dokter, pasien akan diberi pertanyaan terkait masalah medis yang tengah dialami.

Apabila pasien memiliki pertanyaan medis, mereka akan terhubung langsung dengan seorang dokter umum yang akan memberi konsultasi dan menyarankan perawatan lebih lanjut.

Dokter di aplikasi itu juga merekomendasikan obat yang bisa dibeli sesuai dengan rujukan gejala yang alami oleh pasien, serta memberi petunjuk penggunaan dosis yang sesuai.

Pada saat konsultasi, pasien juga diberikan ilustrasi gambar selama konsultasi medis. Para dokter di aplikasi itu terhubung dengan pasiennya lewat video call dan via pesan suara di aplikasi, seperti tertulis di laman resmi.

Dikutip situs resminya, dokter yang praktik di aplikasi itu diklaim memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Izin Praktek (SIP). Aplikasi itu juga mengklaim beroperasi selama 24 jam.

2. Get Well

Aplikasi besutan BayWest Wellness Inc itu merupakan platform telemedicine yang dapat berkonsultasi dengan dokter, terkait keluhan medis pasien.

Platform Get Well menghubungkan pengguna dengan dokter profesional untuk konsultasi video, audio, atau teks melalui telepon pintar.

Aplikasi itu dapat diunduh di playstore dan iOS, dan menjadi salah satu di antar 11 aplikasi yang bekerja sama dengan pemerintah, untuk memberikan layanan medis jarak jauh.

Lewat aplikasi ini nantinya pasien Covid-19 dapat berkonsultasi dan diberikan obat secara gratis, oleh pihak aplikasi

3. Good Doctor

Good Doctor merupakan apliasi layanan kesehatan yang diklaim dapat memenuhi kebutuhan kesehatan dengan mudah. Lewat aplikasi ini masyarakakt nantinya bisa berkonsultasi degan dokter, menerima rekomendasi obat dengan gratis.

Aplikasi ini diklaim dapat memberikan peayanan selama 24 jam. Good Doctor juga dapat memangkas durasi yang biasanya banyak terbuang, saat pasien harus pergi ke pusat kesehatan. Terlebih saat ini beberapa layanan kesehatan banyak didatangi pasien dengan gejala yang cukup berat.

Platform besutan Good Doctor Tech ini dapat diunduh di toko aplikasi playstore dan AppStore.

4. Halodoc

Aplikasi ini menjadi satu di platform yang diboyong pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan, pada pasien Covid-19 yang tengah isoman di rumah.

Halodoc mengklaim platformnya memiliki layanan kesehatan digital terlengkap di Indonesia. Beberapa fitur disematkan dalam platform ini seperti chat dengan dokter, membeli produk kesehatan dan dapat terhubung dengan asuransi yang dimiliki.

Nantinya pada pasien Covid-19 yang bergejala ringan dan isoman di rumah, dapat mengakses aplikasi ini untuk konsultasi medis dan mendapatkan obat-obatan secara gratis.

5. KlikDokter

Platform besutan Medika Komunika Teknologi ini merupakan aplikasi telemedicine yang juga beroperasi 24 jam. Pihaknnya mengklaim memiliki tim medis yang berkompetensi, serta menjunjung tinggi etika profesi kedokteran Republik Indonesia.

Lewat aplikasi itu pasien bisa melakukan live chat dengan dokter selama 24 jam penuh. Selain itu pihaknya juga menyertai beragam artikel kesehatan dan info lain yang terkait pelayanan medis.

Aplikasi ini dapat digunakan oleh pasien Covid-19 gratis, pemerintah juga akan memfasilitasi pasien agar dapat berkonsultasi dan mendapatkan obat lewat aplikasi secara gratis.

6.KlinikGo

Klinikgo merupakan layanan teknologi yang menghubungkan homecare on demand berbasis klinik, maupun praktek mandiri dengan pasiennya. Aplikasi ini diklaim sudah menjadi mitra resmi Kemenkes dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.

Lewat aplikasi yang dapat diunduh di toko aplikasi iOS dan Playstore ini, pasien Covid-19 bisa mendapatkan layanan konsultasi medis dan obat gratis.

Fitur yang ada dalam aplikasi itu terbilang banyak, di antaranya yakni layanan konsultasi dengan berbagai dokter sepeti dokter gigi, dokter jantung dan dokter umum.

7. LinkSehat

Aplikasi telemedicine kerja sama pemerintah lainnya adalah LinkSehat. Platform besutan Link Medis Sehat developer itu adalah media alternatif untuk konsultasi dengan dokter.

Lewat LinkSehat pasien dapat konsultasi gejala medis, yang dirasakan saat menjalani isolasi mandiri di rumah.

Nantinya aplikasi itu akan memberikan konsultasi lewat ruang chat, dan pasien akan melakukan percakapan dengan dokter yang diklaim sudah memiliki surat izin praktek.

Fitur pada aplikasi itu juga dapat memberikan rekomendasi dokter atau rumah sakit, serta hitungan biaya berobat di dalam hingga ke luar negeri.

8. Milvik Dokter

MILVIK Dokter adalah layanan kesehatan daring yang disebut dapat dilakukan langganan setiap bulan. Aplikasi ini tersedia beberapa produk, mulai dari layanan 24 jam dari dokter, sampai asuransi rawat inap.

Pengguna dapat konsultasi lewat telepon dengan praktisi medis berlisensi. Lewat aplikasi ini pasien dapat konsultasi nutrisi, kondisi medis, kesehatan mental hingga penyakit kronis.

Tidak hanya itu, Milvik Dokter juga dapat membantu pasien untuk mencari rumah sakit, klinik, laboratorium dan apotek terdekat. Pasien Covid-19 yang tengah isoman akan mendapatkan layanan medis dan obat yang dibutuhkan secara gratis.

9. ProSehat

Aplikasi yang dapat digunakan bagi pasien Covid-19 yang sedang isoman adalahh ProSehat. Aplikasi ini memberikan fasilitas konsultasi dokter selama 24 jam.

Tidak hanya memberikan konsultasi dokter, di aplikasi itu juga memiliki layanan rapid test, imunisasi, vaksinasi dan pembelian alat kesehatan, obat dan vitamin ke rumah pasien.

10. SehatQ

SehatQ adalah aplikasi startup di bidang kesehatan, yang memudahkan penggunanya untuk memantau dan menjaga kondisi kesehatan. Aplikasi ini dapat diunduh di Android dan iOS.

Lewat SehatQ pasien Covid-19 dapat berkonsultasi dengan dokter dan tim medis, dan juga memungkinkan untuk diberikan rujukan ke rumah sakit terdekat.

Pasien juga dapat diberikan obat atau vitamin yang dibutuhkan, untuk menunjang masa pemulihan dari paparan virus SarS-CoV-2 secara mandiri.

11. AloDokter

AloDokter adalah platform kesehatan digital di Indonesia. Pihaknya mengklaim memiliki lebih dari 26 juta pengguna aktif setiap bulannya. Aplikasi itu disebut memiliki mitra dokter lebih dari 30 ribu dokter.

Semua informasi kesehatan yang tersedia di aplikasi itu disusun dalam bahasa Indonesia dan ditinjau oleh tim dokter yang kompeten.

Itulah 11 layanan aplikasi telemedicine gratis untuk pasien Covid-19 yang isoman di rumah, agar bisa mendapatkan layanan konsultasi dokter hingga pengiriman obat secara gratis.*

Rep: Azim Arrasyid
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Kementan Mengaku Antisipasi Pedagang Mainkan Harga Jelang Ramadhan

Kementan Mengaku Antisipasi Pedagang Mainkan Harga Jelang Ramadhan

Bantuan Telah Sampai Meulaboh

Bantuan Telah Sampai Meulaboh

Masyarakat Aceh yang Bantu Pengungsi Rohingya, Seperti  Kaum Anshor Membantu Muhajirin

Masyarakat Aceh yang Bantu Pengungsi Rohingya, Seperti Kaum Anshor Membantu Muhajirin

Semarak Menyambut Ramadhan 1440H

Semarak Menyambut Ramadhan 1440H

Ranu Ditangkap Aparat Tanpa Surat Penangkapan, Alat Kerjanya Disita

Ranu Ditangkap Aparat Tanpa Surat Penangkapan, Alat Kerjanya Disita

Baca Juga

Berita Lainnya