Rabu, 26 Januari 2022 / 22 Jumadil Akhir 1443 H

Nasional

Mohammad Siddik, Kader Mohammad Natsir yang Membawa Nama Baik Indonesia di Kancah Dunia

Mohammad Siddik Natsir Rifa'i Fadly/hidayatullah.com
Ketua Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia (DDI) 2015-2020, Mohammad Siddik
Bagikan:

Hidayatullah.com — Mantan Ketua Umum Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (DDII/Dewan Da’wah) periode 2015-2020, Drs Mohammad Siddik MA merupakan salah seorang tokoh Muslim Indonesia yang pernah berkarir di lembaga Islam internasional. Sebuah prestasi dan reputasi yang langka karena tidak mudah diraih.

Almarhum Mohammad Siddik diketahui pernah menjabat Direktur IDB (Islamic Development Bank) di Jeddah dan Direktur IDB Regional Asia-Pasific di Kuala Lumpur. Oleh karena itu, sebagai kader Mohammad Natsir (Pendiri DDII), almarhum Siddik dinilai telah membawa nama baik Indonesia di kancah internasional.

“Pak Siddik salah satu kader almarhum Bapak Mohammad Natsir yang membawa nama baik Indonesia di luar negeri khususnya di forum IDB,” ujar Sekretaris Ditjen Bimas Islam, Muhammad Fuad Nasar dalam keterangan tertulisnya, semalam.

Diketahui, Mohammad Siddik berpulang ke Rahmatullah pada Selasa (29/06/2021 di Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta.

“Kita sangat kehilangan. Tokoh yang memiliki pengalaman dan wawasan tentang kerjasama dunia Islam dan pembangunan bangsa melalui pendidikan, dakwah, dan sosial ekonomi,” ujar Fuad Nasar.

Ia mengenang bahwa dirinya pernah bersama-sama dengan Siddik sebagai anggota Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

“Mohammad Siddik pernah dikirim ke New York untuk menghadiri kongres pemuda sedunia yang digelar PBB. Ia pernah menjelajahi lebih dari 90 negara. Mohammad Siddik kelahiran 15 Januari 1942 menguasai bahasa Inggris, Prancis, Arab, dan Urdhu. Sekembalinya dari tugas luar negeri pada 2002, Pak Siddik membantu mengurus LAZIS (Lembaga Amal Zakat Infaq Sedekah),” tuturnya.

Selanjutnya, Siddik diangkat sebagai salah satu Ketua Yayasan Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) yang didirikan mantan Perdana Menteri Mohammad Natsir itu pada masa kepemimpinan Affandi Ridhwan dan Cholil Baidawi. Pada periode 2005 hingga 2010, Siddik ditunjuk sebagai Ketua Pengawas DDII.

“Pada tahun 2010 hingga 2015, beliau menjadi Pembina DDII. Selanjutnya tahun 2015 – 2020 mengemban amanah sebagai Ketua Umum DDII,” ujarnya.

Mohammad Siddik meninggal dunia setelah jatuh sakit dan menjalani perawatan. Menurut informasi diterima hidayatullah.com, almarhum sakit sejak 21 Juni 2021 lalu.*

Rep: Muhammad Abdus Syakur
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Abdi: “Ia Rela Jadi Korban untuk Tutupi Aib Orang Lain”

Abdi: “Ia Rela Jadi Korban untuk Tutupi Aib Orang Lain”

Mantan KASAD: Mengirimkan Bantuan Militer ke Gaza Masuk Akal

Mantan KASAD: Mengirimkan Bantuan Militer ke Gaza Masuk Akal

Ketua MUI: Dinamika Kemenangan Taliban Jangan Membuat Umat Terpecah

Ketua MUI: Dinamika Kemenangan Taliban Jangan Membuat Umat Terpecah

10 Persen Jemaah Haji Alami Gangguan Mental

10 Persen Jemaah Haji Alami Gangguan Mental

MUI Berharap Pemerintah Tak Ambil Alih Proses Sertifikasi Halal

MUI Berharap Pemerintah Tak Ambil Alih Proses Sertifikasi Halal

Baca Juga

Berita Lainnya