Ahad, 26 September 2021 / 18 Safar 1443 H

Nasional

Covid-19: Kasus Positif pada Anak di Bawah Usia 18 Tahun Terus Bertambah di Jakarta

jawa pos
[Ilustrasi] Vaksin MR.
Bagikan:

Hidayatullah.com–Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih terus berupaya mengendalikan pandemi Covid-19. Seiring dengan menerapkan 3T,  vaksinasi Covid-19 juga digalakkan pada sejumlah kelompok prioritas.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia memaparkan, berdasarkan data terkini Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dilakukan tes PCR sebanyak 19.572 spesimen. Dari jumlah tes tersebut, sebanyak 16.636 orang dites PCR hari ini untuk mendiagnosis kasus baru dengan hasil 5.582 positif dan 11.054 negatif.

Selain itu, dilakukan pula tes Antigen hari ini sebanyak 4.635 orang dites, dengan hasil 534 positif dan 4.101 negatif. Dwi juga menyebut, trend kasus positif aktif pada anak di bawah usia 18 tahun terus bertambah.

Dari 5.582 kasus positif hari ini, 655 kasus adalah anak usia 6 – 18 tahun. Dari jumlah itu, 224 kasus (terjadi pada anak usia 0 – 5 tahun), 4.261 kasus (usia 19 – 59 tahun), da 442 kasus  (usia 60 tahun ke atas). “Untuk itu, kami mengingatkan warga untuk menghindari keluar rumah membawa anak-anak,” ujar dwi, seperti dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Adapun distribusi 5.582 kasus positif hari ini, yaitu Kepulauan Seribu 7 kasus, Jakarta Barat 1.220 kasus, Jakarta Pusat 669 kasus, Jakarta Selatan 1.082 kasus, Jakarta Timur 1.562 kasus, dan Jakarta Utara 1.042 kasus. Kecamatan dengan jumlah kasus terbanyak, antara lain Cengkareng 238 kasus, Penjaringan 208 kasus, Tanjung Priok 206 kasus, dan Cilincing 202 kasus. “Target tes WHO adalah 1.000 orang dites PCR per sejuta penduduk per minggu (bukan spesimen), artinya target WHO untuk Jakarta adalah minimum 10.645 orang dites per minggu. Target ini telah Jakarta lampaui selama beberapa waktu. Dalam seminggu terakhir ada 103.210 orang dites PCR. Sementara itu, total tes PCR DKI Jakarta kini telah mencapai 396.394 per sejuta penduduk,” terangnya.

Adapun jumlah kasus aktif di Jakarta naik sejumlah 3.030 kasus, sehingga jumlah kasus aktif sampai hari ini sebanyak 30.142 (orang yang masih dirawat/ isolasi). Sedangkan, jumlah kasus Konfirmasi secara total di Jakarta sampai hari ini sebanyak 474.029 kasus.

Vaksinasi

Pemprov DKI Jakarta menyarankan, untuk melakukan vaksinasi, warga dapat langsung ke tempat vaksinasi. Namun, untuk mempercepat proses vaksinasi, warga disarankan mendaftar online melalui aplikasi JAKI atau situs https://corona.jakarta.go.id/id/vaksinasi.

Dengan mendaftar secara online, warga dapat memilih waktu dan tempat vaksinasi sendiri, sekaligus bisa melakukan pre-screening tes online.  Untuk menemukan tempat vaksinasi, warga juga mengeceknya melalui aplikasi google maps.

Hanya dengan menuliskan “vaksin Covid-19”, warga dapat menemukan lokasi serta dibantu informasi jalur menemukan lokasi yang dipilih.  Adapun kategori warga 18Covid yang dapat divaksinasi di DKI Jakarta adalah:

  1. -Warga ber-KTP DKI Jakarta,
  2. Warga ber-KTP dari luar DKI Jakarta, tetapi berdomisili di DKI Jakarta (membawa keterangan domisili diperoleh dari petugas RT, tidak harus dari ketua RT),
  3. Pekerja di DKI Jakarta yang ber-KTP dari luar DKI Jakarta (membawa keterangan dari tempat kerja).

Pemprov DKI Jakarta juga masih membuka kesempatan untuk masyarakat berbagi dengan sesama yang membutuhkan bantuan karena terdampak pandemi Covid-19 dalam program Kolaborasi Sosial Berskala Besar atau KSBB. Masyarakat dapat memberikan bantuan berupa bahan pangan pokok, makanan siap saji, hingga uang tunai. Informasi lengkap seputar KSBB dapat melalui situs corona.jakarta.go.id/kolaborasi.*

Rep: Ahmad
Editor: Insan Kamil

Bagikan:

Berita Terkait

KontraS Pelayanan Virtual Police

KontraS Buka Pelayanan Pengaduan Korban Virtual Police

Ketum PDIP Megawati Kunjungi China

Ketum PDIP Megawati Kunjungi China

Muncul Kabar Pemblokiran Media Islam dan Penghambatan Massa dari Daerah

Muncul Kabar Pemblokiran Media Islam dan Penghambatan Massa dari Daerah

Sebagian Bantuan Indonesia untuk Pengungsi Rohingya Telah Didistribusikan

Sebagian Bantuan Indonesia untuk Pengungsi Rohingya Telah Didistribusikan

Kedubes AS di Indonesia Manfaatkan YouTube untuk misi Diplomatik

Kedubes AS di Indonesia Manfaatkan YouTube untuk misi Diplomatik

Baca Juga

Berita Lainnya