Senin, 24 Januari 2022 / 20 Jumadil Akhir 1443 H

Nasional

Anies Baswedan: Jakarta Internasional Stadium Satu-satunya di Asia, Monumental!

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa Jakarta Internasional Stadium (JIS) akan memiliki atap yang bisa dibuka dan ditutup
Bagikan:

Hidayatullah.com–Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa Jakarta Internasional Stadium (JIS) akan memiliki atap yang bisa dibuka dan ditutup. Tekhnologi ini menurut Anies, menjadi yang pertama diterapkan dalam kontruksi stadion di Indonesia.

“Salah satu yang unik dari stadion ini adalah dibangun dengan menggunakan atap, dan atapnya bisa buka tutup,” ungkap Anies Baswedan dalam konferensi pers virtual saat meninjau perkembangan pembangunan Jakarta Internasional stadium pada Rabu, (16/6/2021).

Melalui akun instagramnya, mengaku bangga dengan pembangunan gedung ini. “Impresif, membanggakan, monumental!,” katanya melalui akun @aniesbaswedan. “Itulah kesan ketika meninjau topping off rangka atap Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara, bersama Dirut Jakpro Dwi Wahyu Daryoto, Ketum Jakmania Diky Soemarno, dan Wali Kota Jakarta Ali Maulana Hakim tadi pagi,” tambahnya.

Menurut Anies, pembangunan JIS ini bisa menjadi contoh bagi dunia internasional, bahwa bangsa Indonesia sanggup mengerjakan proyek engineering yang kompleks. Hal ini dibuktikan melalui proses topping off dengan menggunakan mesin Hidrolik Jack yang tersebar di 16 titik di kawasan JIS.

Proses mengangkat rangka atap secara bersamaan dengan muatan yang sangat berat (3900 ton), adalah satu-satunya di Asia saat ini, katanya. Hal ini baru ada di Jakarta International Stadium.

Sebagaimana diketahui, JIS dirancang menggunakan sistem atap buka tutup (retractable roof), sehingga bisa digunakan dalam cuaca apapun. Fasilitas ini membuat stadion bisa dimanfaatkan lebih optimal, sepanjang tahun, tanpa terganggu cuaca dan jam operasi. Inilah terobosan yang bisa dibilang pertama di Indonesia, stadion dengan atap yang bisa dibuka tutup.

Menurut Anies, proses topping off rangka atap JIS sangat kompleks, membutuhkan kompetensi, presisi yang tinggi, serta persiapan yang luar biasa. Hal ini harus dipersiapkan agar beban rangka atap yang memiliki berat 3900 ton, sepanjang 270 meter ini sanggup diangkat hingga ketinggian 70 meter.

“Ada kerja bersama ribuan orang yang terlibat dalam pembangunan JIS. Kita bersyukur dan berharap ini bisa tuntas, “ katanya. “Kita semua boleh bangga pada para insinyur kita yang menyiapkan program dan proyek ini dengan amat baik. Begitu pula dengan para pekerja di lapangan yang bekerja siang malam, untuk memastikan pembangunan JIS berlangsung tepat waktu, tepat dana, dan tepat kualitasnya,” tambah dia.

Proses pemasangan rangka atap JIS ditargetkan rampung pada 5 Juli 2021. Kemudian Desember 2021 Insya Allah akan dijadwalkan pertandingan perdana di JIS ketika seluruh pembangunannya rampung.*

Rep: Ahmad
Editor: Insan Kamil

Bagikan:

Berita Terkait

MUI Imbau Pengusaha Tak Perintahkan Karyawan Muslim Gunakan Simbol terkait Natal

MUI Imbau Pengusaha Tak Perintahkan Karyawan Muslim Gunakan Simbol terkait Natal

Sri Bintang: Ahok Telah Menista Agama dan Melanggar Ketertiban Umum

Sri Bintang: Ahok Telah Menista Agama dan Melanggar Ketertiban Umum

walhi-banjir-jakarta

Banjir Jakarta dan Sekitarnya, Walhi: Pemerintah Harus Evaluasi Kebijakan Pembangunan

Menag: Kewajiban Saya Mengingatkan Batalkan Lady Gaga

Menag: Kewajiban Saya Mengingatkan Batalkan Lady Gaga

Soal Mesir Menlu Bilang Prihatin, SBY Serahkan ke PBB

Soal Mesir Menlu Bilang Prihatin, SBY Serahkan ke PBB

Baca Juga

Berita Lainnya