Sabtu, 22 Januari 2022 / 18 Jumadil Akhir 1443 H

Nasional

Kepercayaan Masyarakat Terhadap KPK Terus Menurun, Peneliti: Sejak Disahkan UU KPK tahun 2019

muhammad abdus syakur/hidayatullah.com
Logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Polemik di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus bergulir, terbaru diketahui kepercayaan masyarakat terhadap KPK terus menurun, terutama pasca UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK disahkan.

Peneliti dari Transparency International Indonesia (TII), Wawan Suyatmiko menyampaikan banyak persoalan dalam internal KPK sejak disahkan UU KPK yang baru. Padahal, KPK merupakan lembaga yang sangat dipercaya masyarakat.

“Sebelum UU baru, KPK ini selalu berada di puncak survei. Bahkan ada anekdot mengatakan kalau ada kepala daerah dan presiden idola lembaga survei, nah KPK ini sebenarnya salah satu lembaga yang diidolai,” ujar Wawan dalam sebuah webinar (11/06/2021).

Wawan bahkan menyebut, kepercayaan publik terhadap KPK hanya bekisar 51%. Angka tersebut merupakan yang terendah bagi KPK. “Hanya 51% publik yang disurvei menilai kinerja KPK cukup baik,” ungkap Wawan.

Belakangan, sorotan publik tajam dengan adanya tes wawasan kebangsaan (TWK) yang dinilai bermasalah. Menurut Wawan, peralihan menjadi aparatur sipil negara (ASN) tak bisa dipandang sebatas 75 orang dinyatakan gagal dan 1.271 pegawai lulus. Akan tetapi terjadi upaya sistematis untuk melemahkan KPK.

“Tetapi kita melihatnya dalam skala yang luas, ini adalah upaya pelemahan KPK, pembunuhan KPK yang sangat sempurna. Sehingga, hari ini ketika ada masyarakat yang menyatakan mosi tidak percaya pada pimpinan KPK, itu adalah sesuatu yang sah dan wajar,” ungkapnya.* Azim Arrasyid

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Kekejaman Serdadu Zionis Saat Serang Keluarga Kita

Kekejaman Serdadu Zionis Saat Serang Keluarga Kita

Konsolidasi di Tengah Pandemi, Susanto Triyogo Jadi Plt Ketua Umum KAMMI

Konsolidasi di Tengah Pandemi, Susanto Triyogo Jadi Plt Ketua Umum KAMMI

Saat Media jadi Partisan,  Masih Perlukah Netralitas? (1)

Saat Media jadi Partisan, Masih Perlukah Netralitas? (1)

kartun ofensif nabi muhammad

Sekolah di Inggris Diprotes Keras karena Tampilkan Kartun Nabi Muhammad yang Ofensif

Wantimpres Sebut Penyelesaian Masalah HAM Terkendala Ekonomi

Wantimpres Sebut Penyelesaian Masalah HAM Terkendala Ekonomi

Baca Juga

Berita Lainnya