Selasa, 19 Oktober 2021 / 12 Rabiul Awwal 1443 H

Nasional

Sekolah Tatap Muka Dihentikan Sementara setelah 22 Siswa Positif Covid-19

ptm jakarta
Bagikan:

Hidayatullah.com–Kali ini, 22 siswa SMA Negeri 1 Padang Panjang dilaporkan positif terinfeksi Covid-19. Proses pembelajaran tatap muka pun dihentikan sementara.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Padang Panjang Nuryanuwar mengatakan puluhan siswa tersebut berasal dari berbagai daerah di Sumbar. Mereka diketahui positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab PCR.

Tes swab dilakukan kepada siswa sekolah asrama sebagai syarat untuk memulai proses pembelajaran tatap muka usai libur Lebaran Idul Fitri. Siswa yang terpapar merupakan siswa asrama di sekolah itu.

“Kalau di Padang Panjang itu, kebijakan di kita, kalau masuk asrama, harus di-screening dulu,” ujarnya dikutip Padangkita.com, Senin (7/6/2021).

Dia menuturkan, awalnya, ada tiga siswa yang diketahui reaktif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test antigen. Setelah itu, pihak sekolah pun melakukan tes swab PCR kepada siswa yang bersangkutan. Ternyata benar mereka positif terpapar Covid-19.

“Habis itu, kita lakukan tracing. Akhirnya kita swab saja 85 orang siswa asrama itu. Pada Ahad (6/6/2021) kemarin, ada 19 siswa lagi dilaporkan positif Covid-19. Total hingga hari ini ada 22 orang yang positif,” jelas Nuryanuwar.

Dia menambahkan puluhan siswa tersebut saat ini menjalani isolasi mandiri di asrama sekolah. Mereka saat ini dalam kondisi baik karena termasuk orang tanpa gejala.

Atas kejadian tersebut, proses pembelajaran tatap muka di sekolah itu pun dihentikan sementara, dan digantikan dengan proses pembelajaran daring. Tes swab massal pun akan digelar kepada guru dan siswa lainnya.

Siswa yang dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab PCR akan diminta pulang ke daerah masing-masing.  Sebelumnya, klaster sekolah berasrama juga terjadi di Sumbar.

Berdasarkan catatan Padangkita.com, sekolah yang pernah menjadi klaster penyebaran Covid-19 yaitu SMA Negeri 1 Sumbar, Pondok Pesantren Ar Risalah, Pondok Pesantren Diniyah Putri, dan sebagainya.*

Rep: Ahmad
Editor: Insan Kamil

Bagikan:

Berita Terkait

Pemerintah berencana Bikin Payung Hukum Pembinaan Ormas

Pemerintah berencana Bikin Payung Hukum Pembinaan Ormas

Kebijakan Pemerintah Liberalisasi Migas

Kebijakan Pemerintah Liberalisasi Migas

Cangkang Kapsul Rumput Laut Lebih Terjamin Kehalalannya

Cangkang Kapsul Rumput Laut Lebih Terjamin Kehalalannya

MUI: Larangan Haji Berkali-kali Tidak Terkait Hukum

MUI: Larangan Haji Berkali-kali Tidak Terkait Hukum

‘Perspektif Iman Paling Efektif Melihat Tragedi Ghouta’

‘Perspektif Iman Paling Efektif Melihat Tragedi Ghouta’

Baca Juga

Berita Lainnya