Selasa, 4 Mei 2021 / 22 Ramadhan 1442 H

Nasional

Pemerintah Perpanjang PPKM, Ada Tambahan 5 Provinsi

ppkm pemerintah GATRA/Eva Agriana Ali/far
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Bagikan:

Hidayatullah.com — Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro dari tanggal 04 hingga 17 Mei 2021. Cakupan wilayah penerapan pun diperluas menjadi 30 provinsi.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan fokus kepada sepuluh provinsi dengan kenaikan kasus dan kasus aktif tertinggi. Keputusan pemerintah untuk memperpanjang PPKM dilakukan guna menekan laju penularan Covid-19, praktiknya, penanganan itu akan difokuskan hingga tingkat kabupaten atau kota.

“Ada tambahan 5 provinsi baru, yaitu Kepulauan Riau, Bengkulu, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua Barat. Pembatasan kegiatan masyarakat tidak ada perubahan, namun juga diberikan penegasan bahwa hiburan-hiburan yang sifatnya publik wajib menerapkan protokol kesehatan,” terang Airlangga dalam konferensi pers, Senin (03/05/2021).

Menko Perekonomian ini menuturkan perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami perbaikan. Jika pada Januari konfirmasi harian mencapai sekitar 10 ribu kasus/hari, angka ini menurun hingga 5.222 kasus/hari pada April 2021.

“Angka positivity rate juga membaik, di Januari 26 persen dan di Mei 10,81 persen. Kasus aktif juga terus mengalami perbaikan, kasus aktif tertinggi di bulan Februari adalah 16 persen dan saat sekarang sekira 6 persen. Jadi jauh lebih baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut Airlangga menyebut bahwa tingkat keterisian rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) secara nasional sampai 1 Mei 2021 yaitu sebesar 35 persen. Dia menambahkan tidak ada provinsi dengan tingkat keterisian di atas 70 persen.

Rep: Azim Arrasyid
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Kemenag: Lebaran Idul Adha Tahun Ini Bersamaan

Kemenag: Lebaran Idul Adha Tahun Ini Bersamaan

“Terapi Tahajjud”, Terobosan Baru Dunia Kedokteran

“Terapi Tahajjud”, Terobosan Baru Dunia Kedokteran

Tersangka unlawful killing FPI

Polri: 92 Rekening FPI Diblokir PPATK

MUI Belum Pernah Bahas Fatwa Netflix, Tapi Ingatkan Tak Boleh Konten Terlarang

MUI Belum Pernah Bahas Fatwa Netflix, Tapi Ingatkan Tak Boleh Konten Terlarang

KPAI Sayangkan Masifnya Penjualan Coklat Bonus Kondom

KPAI Sayangkan Masifnya Penjualan Coklat Bonus Kondom

Baca Juga

Berita Lainnya