Jum'at, 24 September 2021 / 17 Safar 1443 H

Nasional

45 Tahun BKPRMI didorong Selalu Membangun Masjid yang Berperadaban

istimewa
Acara Tasyakur Milad 45 tahun BKPMI/BKPRMI, Sabtu (01/05/2021) di Jakarta via zoom.
Bagikan:

Hidayatullah.com- Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) didorong untuk selalu menjadikan masjid sebagai unsur pembangun peradaban. Demikian harapan Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) BKPRMI, Said Aldi Al Idrus, menyambut peringatan Tasyakur Miladiyah 45 tahun Deklarasi BKPMI/BKPRMI.

“Semoga dengan milad ke-45 BKPRMI senantiasa membangun organisasi dan masjid yang berperadaban,” ucap Said Aldi pada acara Tasyakur Miladiyah 45 Tahun Deklarasi BKPMI/BKPRMI di Jakarta.

“Kami bangga BKPRMI telah berkhidmat untuk umat. Kami ingin sinergi dengan senior membina masjid berlanjut dengan baik, tidak ada lagi konflik internal,” tambahnya.

Sementara Ketua Umum IKA-BKPRMI Andi Kasman berharap semua pihak untuk terus menjalin silaturahim dan persatuan. “Kita harus bersatu dalam membangun peradaban,” ujarnya.

Sebagaimana keterangan resminya pada Ahad (02/05/2021), BKPRMI sebelumnya bernama Badan Komunikasi Pemuda Masjid Indonesia (BKPMI) berdiri pada tanggal 3 September 1977 atau 19 Ramadhan 1397 Hijriyah di Masjid Istiqamah Bandung, Jawa Barat oleh para aktivis pemuda masjid. Mereka antara lain; Toto Tasmara, Ahmad Mansur Suryanegara, Syamsuddin Manaf, Bambang Pranggono, Nurcholis Turmudzi, dan Anwar Ratnaprawira.

Perubahan dari Badan Komunikasi Pemuda Masjid Indonesia (BKPMI) ke Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dilakukan dalam Musyawarah Nasional VI tahun 1993 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Andi Kasman mengungkapkan, IKA BKPRMI sebelumnya bernama Ikaprima. “Perubahan dari Ikaprima menjadi IKA-BKPRMI melalui munas, sama seperti BKPRMI sevelumnya BKPMi,” jelasnya seraya menambahkan saat ini IKA- BKPRMI sudah ada di 20 provinsi.

Sebelumnya dalam rangka Tasyakur Milad 45 tahun BKPMI/BKPRMI digelar “Silaturahmi Akbar Ramadhan IKA BKPRMI” pada Sabtu (01/05/2021) pukul 08.00 WIB sampai selesai. Acara melalui zoom bertema “Refleksi sejarah BKPRMI, Ikhtiar Kembali ke Khittah” ini diikuti sejumlah peserta dari dalam dan luar negeri.

Acara ini digelar oleh Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Alumni Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (PP IKA-BKPRMI) dan DPP BKPRMI bertepatan 19 Ramadhan 1442 H.

Kegiatan ini dikemas dengan silaturahim dan buka bersama, berlangsung khidmat serta mematuhi peraturan protokol kesehatan. Hadir Ketua Umum PP IKA-BKPRMI Andi Kasman Makkuaseng, Ketua Umum BKPRMI Said Aldi Al Idrus, Ketua Dewan Penasehat IKA-BKPRMI Abdurrahman Tardjo, dan Ketua Dewan Penasehat BKPRMI yang juga Ketua Dewan Pembina IKA-BKPRMI Idrus Marham, serta jajaran pengurus organisasi tersebut.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

MUI akan Luncurkan Pedoman Dakwah

MUI akan Luncurkan Pedoman Dakwah

Persaudaraan Haji Akan Bangun Menara Bisnis Syariah

Persaudaraan Haji Akan Bangun Menara Bisnis Syariah

Tanggapi GP Ansor, KH Ma’ruf Amin: Muktamar NU di Lirboyo Larang Pilih Pemimpin Kafir

Tanggapi GP Ansor, KH Ma’ruf Amin: Muktamar NU di Lirboyo Larang Pilih Pemimpin Kafir

Anggota DPR: Produk Tak Halal Wajib Cantumkan Tanda Khusus

Anggota DPR: Produk Tak Halal Wajib Cantumkan Tanda Khusus

Pakar Hukum: Tidak Ada Alasan Ragukan SP3 HRS

Pakar Hukum: Tidak Ada Alasan Ragukan SP3 HRS

Baca Juga

Berita Lainnya