Selasa, 19 Oktober 2021 / 12 Rabiul Awwal 1443 H

Nasional

Presiden Jokowi Perintahkan TNI dan Kapolri Mengejar dan Menangkap Seluruh Anggota KKB

jokowi terorisme BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Polri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengejar dan menangkap seluruh anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Perintah presiden keluar setelah serangan yang menewaskan Kepala BIN Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny, Ahad (25/4), di Beoga, Kabupaten Puncak, Papua.

“Saya juga perintahkan kepada Panglima TNI, Kapolri untuk terus mengejar dan menangkap seluruh anggota KKB,” kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (26/4), dikutip lantara Antara.

Presiden menegaskan bahwa tidak ada tempat bagi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah Tanah Air Indonesia, termasuk Papua. “Saya tegaskan tidak ada tempat untuk kelompok-kelompok kriminal bersenjata di tanah Papua maupun di seluruh pelosok Tanah Air,” ujarnya.

Kepala Negara menyampaikan duka cita mendalam dan menaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada Brigadir Jenderal TNI I Gusti Putu Danny atas pengabdian, dedikasinya, dan pengorbanan yang telah dilakukan. “Atas nama bangsa, rakyat, dan negara saya sampaikan duka cita mendalam kepada keluarga dan yang ditinggalkan,” ujarnya.

Sebelumnya Brigjen TNI I Gusti Putu Danny pada Ahad (25/4) terjebak aksi saling tembak dengan kelompok bersenjata saat Satuan Tugas BIN dan Satgas TNI/Polri berada di perjalanan menuju Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Ahad (25/4).  Putu Danny diketahui turun langsung karena hendak melakukan observasi lapangan guna mempercepat pemulihan keamanan di wilayah tersebut.

“Sekitar pukul 15.50 WIT, Satgas BIN dan Satgas TNI/Polri dihadang oleh kelompok separatis dan teroris (KST) Papua, sehingga terjadi aksi saling tembak di sekitar gereja Kampung Dambet. Akibat kontak tembak tersebut, Kabinda Papua tertembak dan gugur sebagai pahlawan di lokasi kejadian,” menurut keterangan Deputi VII Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto, pada Senin.

Jasad Kepala BIN Papua itu telah dievakuasi dari lokasi kejadian dan dibawa ke Timika untuk kemudian diterbangkan ke Jakarta. Jenazah Kepala BIN Papua rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Selasa (27/4/2021).*

Rep: Ahmad
Editor: Insan Kamil

Bagikan:

Berita Terkait

Baznas dan BSI Jalin Kerjasama untuk Layani Kemudahan Berzakat

Baznas dan BSI Jalin Kerjasama untuk Layani Kemudahan Berzakat

Menengok Uzbekistan di Bayt Al-Qur’an Jakarta

Menengok Uzbekistan di Bayt Al-Qur’an Jakarta

Busyro: Muhammadiyah Harus Terdepan Pencegah Korupsi

Busyro: Muhammadiyah Harus Terdepan Pencegah Korupsi

Tahun Pelajaran 2020/2021, Madrasah Gunakan Kurikulum PAI Baru

Tahun Pelajaran 2020/2021, Madrasah Gunakan Kurikulum PAI Baru

TPUA: ‘Coba Periksa KTP Sukmawati Apakah Dia Muslim(ah)?’

TPUA: ‘Coba Periksa KTP Sukmawati Apakah Dia Muslim(ah)?’

Baca Juga

Berita Lainnya