Selasa, 20 April 2021 / 9 Ramadhan 1442 H

Nasional

Ketua Dewan Pertimbangan Hidayatullah Dr Abdul Mannan Berpulang ke Rahmatullah

muh. abdus syakur/hidayatullah.com
Ketua Dewan Pertimbangan Hidayatullah, Dr Abdul Mannan, wafat di Depok, Jawa Barat, Selasa, 8 Ramadhan 1442H (20/04/2021).
Bagikan:

Hidayatullah.com- Innalillahi wainnailaihi rajiun. Segenap keluarga besar Hidayatullah berduka. Ketua Dewan Pertimbangan Hidayatullah, Dr Abdul Mannan, berpulang ke Rahmatullah. Ketua Umum DPP Hidayatullah dua periode (2005-2015) itu meninggal dunia pada 8 Ramadhan 1442 Hijriyah sekitar pukul 17.00 WIB di RS Mitra Keluarga Depok, Jawa Barat.

Innalillahi wa inna ilaihi roji’un. Baru saja kembali kepada Allah, Ayahanda saya Bapak Abdul Mannan. Semoga Allah mengampuni dosa beliau.

Mohon kerelaan jama’ah Hidayatullah untuk memaafkan kesalahan beliau selama hidup. Terima kasih banyak atas kasih sayang jamaah semua kepada Ayah saya selama ini. Jazakumullah khairan katsira,” ujar salah seorang putra almarhum, Muhammad Sulthon kepada jamaah Hidayatullah di Depok, Jawa Barat, melalui WhatsApp pada Selasa sekitar pukul 16.45 WIB.

Kabar tersebut sontak saja membuat warga, santri, ustadz, dan jamaah Hidayatullah, mulai dari jajaran Dewan Pengurus Pusat (DPP), Dewan Pengurus Wilayah (DPW), Dewan Pengurus Daerah (DPD), Dewan Pengurus Cabang (DPC), Dewan Pengurus Ranting (DPRa), hingga di berbagai organisasi pendukung, lembaga-lembaga, amal usaha, yayasan, dan sebagainya, diliputi duka.

Di Kampus Induk Hidayatullah UmmulQura Balikpapan, Kalimantan Timur, suasana duka juga menyelimuti. Kabar berpulangnya Ustadz Abdul Mannan diterima para pengurus Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah UmmulQura tepat jelang waktu shalat maghrib dimulai.

Selepas shalat maghrib berjamaah di Masjid Ar-Riyadh, Ketua YPPH Balikpapan Hamzah Akbar naik ke podium menyampaikan secara singkat kabar duka tersebut kepada seluruh jamaah.

“Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Baru saja kita mendapatkan kabar duka, orangtua kita Ustadz Dr Abdul Mannan… Beliau telah berpulang ke Rahmatullah tadi,” ujarnya.

Bakda isya, Hamzah Akbar kembali naik ke podium menyampaikan kabar lanjutan terkait proses pemakaman Dr Abdul Mannan.

Berdasarkan informasi yang diterima, almarhum dikebumikan dan dishalatkan di Depok, tak jauh dari kediamannya.

Semasa hidup, Dr Abdul Mannan dikenal sebagai salah seorang tokoh Hidayatullah yang tegas dan kerap memotivasi para jamaah dan kadernya. Pria asal Gresik, Jawa Timur ini juga tercatat sebagai Pembina Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok dan Pendiri sekaligus Ketua pertama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Hidayatullah Depok. Selain itu, almarhum juga dikenal rajin membaca dan menulis buku. Buku teranyarnya yang sempat diterbitkan beberapa waktu lalu berjudul “Era Peradaban Baru” yang diterbitkan PT Mulia Mandiri.

“Satu hal yang jangan sampai lepas dari diri kita adalah shalat fardhu berjamaah di awal waktu, shalat lail setiap malam, tadabbur al-Qur’an, dan wirid pagi sore malam,” di antara pesan Abdul Mannan yang viral di kalangan Hidayatullah.

“Duka mendalam untuk kita semua, atas kepergian guru kita tercinta.

SELAMAT JALAN GURU DAN IDEOLOG HIDAYATULLAH : USTADZ ABDULMANAN AL KINDI

Wafat beliau tepat pukul 17.00 di hari Selasa 20 April 2021.

Semua pengurus DPP Hidayatullah yang sedang berhalaqah, termenung seolah tidak percaya.

Disusul berita dan doa memenuhi pesan whatsapp semua grup dari semua santri seluruh Indonesia.

Dalam memberikan motivasi sangat berapi-api. Idenya masih segar dan cerdas.

Inspirasi dalam semangat belajar. Sebagai doktor pertama di Hidayatullah. Menempuh pendidikan S1, S2, S3 dalam usia sudah separo baya.

Sesekali canda dengan tertawa lepas menggema. Marahnya adalah bukti cintanya kepada para kader dan santri.

Belum lama, berkunjung ke Hidayatullah Bandung untuk peresmian Rumah Quran dan Balikpapan utk silaturahim ke bapak Pemimpin Umum.

Berita sakitnya juga baru beberapa saat. Tidak banyak bisa akses menjenguk karena protokol kesehatan di rumah sakit.

Air mata tidak sadar menetes sedih dan trenyuh haru. Terbayang jasa beliau yang sangat besar. Hidayatullah sangat kehilangan dengan tokoh, ideolog, dua periode menjadi ketua DPP Hidayatullah. Terakhir beliau sebagai Ketua Dewan Pertimbangan.

Allah memanggilnya di bulan dan hari mulia Ramadhan. Semoga ini sebagai bukti kemuliaan beliau

Ya Allah
Ampuni dosa dan kesalahan beliau
Terimalah semua amal ibadah dan kebaikan beliau
Tempatkan beliau di tempat mulia disisi-Mu ya Allah

Aamiin ya Rabbal Alamin,” dikutip dari akun resmi DPP Hidayatullah pada Selasa.*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

DPR Hakekok

Komisi VIII DPR Masih Temukan Pemotongan Dana BOS Oleh Menag

Ariel Bebas, Bukti Penegakan Hukum Lembek

Ariel Bebas, Bukti Penegakan Hukum Lembek

MUI: Jika Aparat Berlebih-lebihan Akan Dibenci Umat

MUI: Jika Aparat Berlebih-lebihan Akan Dibenci Umat

Warga Soreang Kembali Datangi GOR yang Jadi Tempat Ibadat

Warga Soreang Kembali Datangi GOR yang Jadi Tempat Ibadat

Menag Minta Tak Menyegel Sekolah dan Masjid Ahmadiyah

Menag Minta Tak Menyegel Sekolah dan Masjid Ahmadiyah

Baca Juga

Berita Lainnya