Jum'at, 16 April 2021 / 4 Ramadhan 1442 H

Nasional

Dipenjara, HRS Raih Gelar PhD dari USIM Malaysia

eksepsi habib rizieq shihab
Bagikan:

Hidayatullah.com- Dinginnya tembok penjara tidak menghalangi Habib Rizieq Shihab (HRS) untuk tetap berkiprah, berkarya, dan belajar. Selain menggencarkan dakwah di kompleks Rutan Bareskrim Mabes Polri, yang teranyar HRS secara resmi meraih gelar Ph.D dari Universitas Sains Islam Malaysia (USIM).

“Hari Kamis, 3 Ramadhan 1442 H / 15 April 2021 M telah dilaksanakan Ujian Disertasi Doktoral secara online oleh AlHabib Muhammad Rizieq bin Husein Syihab dengan judul Disertasi: “مناهج التمييز بين األصول والفروع في العقيدة والشريعة واألخالق عند أهل السنة والجماعة” (Metodologi Pemilahan Antara Usul Dan Furu’ Dalam Aqidah Dan Syari’ah Serta Akhlaq Menurut Ahlus Sunnah Wal Jama’ah”),” ujar kuasa hukum HRS, Aziz Yanuar, kepada hidayatullah.com semalam dalam keterangan persnya.

Diketahui, tesis tersebut tesis yang membedah 73 aliran dalam Islam itu telah selesai diuji pada pukul 15.00 waktu Malaysia. Habib Rizieq telah lulus dari ujian dan kini resmi meraih gelar Ph.D.

Selama beberapa bulan belakangan HRS memang terus berusaha menyelesaikan studi S3 di USIM tersebut. Kini, gelar keilmuan Habib Rizieq kini telah lengkap mulai dari S1, S2, hingga S3.

Untuk diketahui, di Indonesia sebutan untuk karya tulis pada program S3 (Doktoral) adalah Disertasi, sementara di Malaysia adalah Tesis.

Bertindak sebagai supervisor pada sidang pengujian itu adalah Profesor Madya. Dr Kamaluddin Nurdin Maruuni. Sedangkan sebagai co supervisor yaitu Dr Ahmad Kamel Malik.

“Semoga Al-Habib Muhammad Rizieq Syihab membawa berkah dan manfaat bagi Agama, Bangsa dan Negara,” ujar Aziz Yanuar.

Kuasa hukum HRS juga mengucapkan terima kasih atas segala dukungan indah dari segenap kerabat mau pun Sahabat yang selalu setia mendampingi dalam suka dan duka, hingga HRS selama ini selalu termotivasi untuk menyelesaikan Program Doktoral di USIM.

“Mengucapkan terima kasih atas segala do’a dari para Habaib dan Ulama, serta Santri dan segenap Umat Islam, hingga akhirnya Al-Habib Muhammad Rizieq bin Husein Syihab dapat menyelesaikan Program Doktoral di Universiti Sains Islam Malaysia,” ujar Aziz.

Sebelumnya, HRS telah menyelesaikan studi S-1 nya di King Saud University dan S-2 di University of Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia. Kala itu, tesis S2 HRS membahas “Pengaruh Pancasila Terhadap Penerapan Syariah Islam di Indonesia”, lulus dengah hasil Cumlaude / Mumtaz (Sangat memuaskan).*

 

Rep: Muhammad Abdus Syakur
Editor: Insan Kamil

Bagikan:

Berita Terkait

Menag Mengatakan MUI Berhak Nilai Sesat Tidaknya Syi’ah

Menag Mengatakan MUI Berhak Nilai Sesat Tidaknya Syi’ah

Putra-putri Irian Diharapkan Jadi Wartawan Media Islam

Putra-putri Irian Diharapkan Jadi Wartawan Media Islam

Sepanjang 1917-1971, Ideologi Komunis Telah Membantai 120 Juta Orang

Sepanjang 1917-1971, Ideologi Komunis Telah Membantai 120 Juta Orang

Silaknas ICMI 2011 Telurkan Deklarasi Kendari

Silaknas ICMI 2011 Telurkan Deklarasi Kendari

Didampingi Satpol PP,  Warga Serbu Warung Remang Cakung

Didampingi Satpol PP, Warga Serbu Warung Remang Cakung

Baca Juga

Berita Lainnya