Senin, 20 September 2021 / 12 Safar 1443 H

Nasional

Demokrat: Kita Perlu Memberi Perhatian Serius Pada Mitigasi Bencana

mitigasi bencana Dok. Demokrat
Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan
Bagikan:

Hidayatullah.com — Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan menghaturkan duka cita atas bencana alam yang terjadi pada saudara-saudara kita di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Ahad (04/04/2021). Banjir bandang yang diakibatkan oleh tingginya curah hujan disertai dengan tanah longsor menyebabkan banyak kerusakan yang dirasakan oleh masyarakat.

Syarief Hasan mengungkapkan, bencana alam ini harus menjadi penguat gotong royong di tengah berbagai bencana yang melanda bangsa ini. “Bencana alam ini memang sangat menyulitkan sebab terjadi di tengah situasi genting akibat Pandemi Covid-19. Akan tetapi, dengan semangat gotong royong dan budaya tolong menolong, bencana ini akan segera teratasi bersama,” ungkap Syarief.

Syarief menyampaikan duka cita yang mendalam kepada para korban yang terdampak bencana alam tersebut. “Saya atas nama Pribadi, anggota MTP Partai Demokrat, dan Pimpinan MPR RI menyampaikan duka cita mendalam dari lubuk hati paling dalam. Semoga, bencana ini dapat segera berlalu dan Sudara-saudara kita  dapat beraktivitas seperti sedia kala”, ungkapnya.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini mengapresiasi langkah cepat dari Pemerintah NTT dan NTB dalam menyikapi bencana alam ini. “Saya perhatikan betul pergerakan cepat dari Pemerintah Daerah untuk membantu masyarakat yang menjadi korban dalam menghadapi bencana alam ini.”, ungkap Syarief Hasan.

Syarief juga sangat mengapresiasi langkah konkrit dari berbagai lembaga dan elemen masyarakat yang telah bergotongroyong membantu masyarakat terdampak. “Salah satu ciri khas orang Indonesia adalah rasa senasib sepenanggungan. Ciri khas ini sangat terlihat saat terjadi bencana alam. Berbagai organisasi kemanusiaan turun tangan membantu masyarakat dengan penuh keikhlasan,” ungkapnya.

Selain itu Syarief mendorong Pemerintah untuk segera memperbaiki akses menuju lokasi terdampak. “Banyak jalan yang terputus dan tertutup oleh pohon-pohon yang tumbang akibat angin kencang. Tentu, kita berharap, akses jalan dapat segera terbuka kembali,”

Syarief mengungkap bencana alam yang melanda NTT dan NTB harus menjadi batu loncatan untuk memperbaiki mitigasi bencana di Indonesia. “Kita perlu memberikan perhatian serius pada mitigasi bencana di Indonesia sehingga curah hujan yang tinggi dapat diatasi dan tidak berakibat banjir bandang,” bebernya.

“Meskipun kita sulit untuk bertemu langsung di lokasi bencana, namun hal tersebut tidak akan memutuskan ikatan sosial dan ikatan batin kita sebagai sesama anak bangsa. Tugas kita bersama untuk saling membantu satu sama lain,” tutup Syarief.*

Rep: Azim Arrasyid
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Habib Rizieq Ancam MNC jika Ada Korban Pendemo

Habib Rizieq Ancam MNC jika Ada Korban Pendemo

Bali Resmi Tolak Pameran Produk Tembakau

Bali Resmi Tolak Pameran Produk Tembakau

Bertani dan Berkebun untuk Keluar dari Krisis Global

Bertani dan Berkebun untuk Keluar dari Krisis Global

Rektorat BEM UI

DPR Nilai Pemerintah Tak Peka atas Kepentingan Tenaga Kerja Lokal

Kasus Ahok, Indonesia Negara Hukum atau Negara Kekuasaan?

Kasus Ahok, Indonesia Negara Hukum atau Negara Kekuasaan?

Baca Juga

Berita Lainnya