Jum'at, 2 April 2021 / 19 Sya'ban 1442 H

Nasional

Kemenag Buka Seleksi Kuliah di Timur Tengah, Universitas Al-Azhar Mesir Pada April 2021

Seleksi Universitas Al-Azhar Mesir
Bagikan:

Hidayatullah.com —  Kementerian Agama (Kemenag) akan membuka pendaftaran beasiswa S1 ke Timur Tengah, termasuk juga seleksi masuk Universitas Al-Azhar Mesir. Pembukaan pendaftaran akan dilakukan pada tanggal 12 April 2021 mendatang.

Dikutip dari surat pemberitahuan seleksi Timur Tengah 2021, Kementrian Agama RI yang ditujukan kepada bapak/ibu Rektor UIN, bahwa pendaftaran seleksi akan dibuka pada tanggal 12 April 2021 dan pelaksanaan seleksi pada tanggal 28/29 April 2021 melalui Pusat-Pusat Bahasa UIN se-Indonesia.

“Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Dit. PTKI), Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI akan menyelenggarakan Seleksi Calon Mahasiswa Baru (Seleksi CAMABA) Indonesia ke Timur Tengah tahun 2021 yang pendaftarannya akan dibuka mulai tanggal 12 2021 dan pelaksanaan seleksi pada tanggal 18/29 April 2021 melalui Pusat-puat Bahasa UIN se-Indonesia,” demikian surat pemberitahuan.

Pada rapat pematangan persiapan seleksi mahasiswa S1 Timur Tengah pada 2 maret 2021 lalu, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Suyitno, mengingatkan bahwa ada tiga syarat penerima beasiswa S1 ke Timur Tengah. Pertama memiliki kemampuan bahasa yang bagus, calon pendaftar juga harus memiliki kompetensi akademik yang kuat, dan terakhir, calon pendaftar harus memiliki komitmen wawasan kebangsaan terhadap NKRI dan pemahaman Islam Wasathiyah, demikian dikutip laman Rehlata.

Rehlata, yang merupakan sebuah perusahaan jasa yang dikelola oleh alumni dan mahasiswa aktif Timur Tengah mengumumkan tengah melakukan pembinaan seleksi masuk Universitas Al Azhar. “Dibuka pendaftaran pembinaan persiapan mengikuti seleksi masuk Universitas Al-Azhar Mesir, April 2021,” demikian dalam laman yang dikelola alumni Al Azhar ini.

Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat Diktis M. Adib Abdushomad mengungkapkan proses seleksi beasiswa S1 ke Timur Tengah tahun ini akan dilakukan secara online. Hal ini berbeda dengan sebelumnya, akibat adanya pandemi Covid-19. “Seleksi akan dilaksanakan dalam dua tahap yaitu CBT dan wawancara. Tahun ini seleksi pada tahap wawancara dengan materi hafalan al-Qur’an, baca kitab kuning serta wawasan keislaman dan kebangsaan”, terang Adib.

Sementara itu, hasil seleksi beasiswa S1 ke Timur Tengah akan diumumkan lebih lanjut melalui surat resmi. *

Rep: Ahmad
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Aliran Sesat “Abiya” Pengaruhi Siswa Pondok Pesantren

Aliran Sesat “Abiya” Pengaruhi Siswa Pondok Pesantren

Menag Minta Umat Islam Laksanakan Shalat Ghaib

Menag Minta Umat Islam Laksanakan Shalat Ghaib

Hari Anti Korupsi Sedunia, Mahasiswa Minta Presiden Keluarkan Perpu KPK

Hari Anti Korupsi Sedunia, Mahasiswa Minta Presiden Keluarkan Perpu KPK

HTI Mau Dibubarkan, Ketua MPR Nilai Pemerintah Terburu-buru

HTI Mau Dibubarkan, Ketua MPR Nilai Pemerintah Terburu-buru

Eks Wakapolri Minta Polisi Terbuka soal Wanita Bawa Anjing di Masjid

Eks Wakapolri Minta Polisi Terbuka soal Wanita Bawa Anjing di Masjid

Baca Juga

Berita Lainnya